Sunday, November 27, 2022

Pemuda Katolik Karimun Dilantik, Ini Pesan Bupati Karimun

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Karimun – Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Karimun terpilih dalam Musyawarah Komisariat Cabang Pemuda Katolik Karimun pada 21 Mei 2022 lalu akhirnya dilantik, Sabtu, 5/11/2022 digedung Nasional, Karimun.

Turut hadir menyaksikan Pelantikan Pemuda Katolik Komcab Karimun yakni Bupati Karimun yang diwakilkan Sekretaris Daerah, Dr. Muh. Firmansyah M.Si, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepulauan Riau Dr. Vandarones Purba S.T ., M.H , Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K, S.H , Dandim 0317/Tbk Letkol. Inf, Budianto Hamdani Damanik , Danlanal Tanjung Balai Karimun di wakili oleh John Herry, Ketua KNPI Raden Richky Dwi Muhardy dan turut dihadir organisasi Kepemudaan yang ada di Karimun.

Mewakili Bupati Karimun, dalam sambutannya Sekretaris Daerah Dr. Muh. Firmansyah M.Si menyampaikan kesannya atas tema seminar yang diadakan oleh Panitia, menurutnya, tema tersebut inovatif dan relevan.

“Saya sangat senang dengan pemilihan Tema yang inovatif, Pemahaman Politik dan Etika budaya Politik di Lingkungan Pelajar Kabupaten Karimun membuktikan bahwa Pemuda Katolik peka terhadap yang akan terjadi yaitu, Pemilu 2024 Dimana Pemuda harus lebih aktif dalam Pemilihan umum, karena pemuda Sebagai Roda dunia,” ujarnya.

Ia juga mendorong agar Pemuda Katolik turut ambil andil dalam pembangunan Kabupaten Karimun yang lebih baik lagi.

“Memang (Katolik-red) bukan mayoritas, tapi Pemuda Katolik juga harus turut mengambil andil dalam proses pembangunan daerah, sehingga pemuda Katolik tidak hanya bekerja di area gereja, tetapi juga mengambil peran dalam proses pembangunan daerah Karimun.” harapnya Firmansyah yang juga menjabat sebagai ketua LAM Kabupaten Karimun yang disematkan kepadanya yakni Dato Wira Setia Amanah ini.

Sementarai itu, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau Dr. Vandarones Purba S.T., M.H dalam sambutannya berharap agar kader Pemuda Katolik lebih aktif ditengah-tengah masyarakat khsusunya di lintas agama.

“Komcab Karimun harus lebih aktif di bidang kemasyarakatan terutama Dalam hal Lintas Agama, Kita Bersama sama Bergerak aktif jangan hanya di gereja saja,” Ujar nya.

Vandarones Purba yang juga dosen STIE Bentara Persada Batam ini mengatakan bahwa Pemuda Katolik netral dalam setiap agenda Politik khususnya pada Pemilu 2024 nanti.

“Menjelang Pemilu 2024 Pemuda Katolik Harus netral dalam Pemilu ini, terkhusus untuk Ketua Komcab yang baru saja terlantik Deo Datus Wardana. Jangan membawa Nama Organisasi Pemuda Katolik dalam memihak satu Partai ataupun satu calon, karena Kita tidak Terikat pada satu partai mana pun.” tegasnya.

Ketua terpilih Komcab Karimun periode 2022-2025, Deo Datus wardana menyebut siap menjadi garda terdepan untuk membela gereja dan Negara.

“Pro Ecclesia et Patria, Pemuda Katolik harus menjadi Garda terdepan dari Gereja dan Negara, Apa yang kita dapat di altar kita Bawa ke pasar begitu juga sebaliknya apa yang kita dapatkan di Pasar kita bawa juga ke altar.” tandasnya.

Pantauan wartawan media ini, pelantikan juga di selaraskan dengan Seminar dengan tema “Pemahaman Politik dan etika politik di lingkungan Pelajar kabupaten karimun”, dalam hal ini Pemuda katolik berkerja sama dengan KPU Kabupaten Karimun, Bawaslu Karimun.*

Laporan: Mario JKP/Yordan, Karimun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This