Sunday, November 27, 2022

Pemuda Katolik Karimun Sukses Selenggarakan Seminar Kepemiluan untuk Pemilih Pemula

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Karimun – Menyadari pentingnya pendidikan politik, khususnya terkait pesta demokrasi dan kepemiluan bagi para pemilih pemula, Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Karimun sukses selenggarakan seminar bertajuk “Pemahaman Politik dan Etika Budaya Politik di Lingkungan Pelajar Kabupaten Karimun”.

Acara digagas dalam rangkaian acara Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komcab Karimun periode 2022-2025 di Gedung Nasional, Sabtu (5/11).

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun; Bapak Ir. Mardanus, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun, Bapak Nurhidayat, S.Sos didaulat sebagai pembicara dalam seminar tersebut. Acara dipandu oleh moderator saudari Klementina Kona Aran, Sekretaris Komcab Karimun dan diikuti tak kurang dari 200 perwakilan pemuda dan pelajar dari SMA St. Yusuf dan SMA Mahabodi Karimun.

Bapak Mardanus dalam paparannya menyatakan terkait pemilu, KPU Kabupaten Karimun sebagai penyelenggara siap menerapkan regulasi dengan integritas dan meminta pemilih pemula untuk andil dan sadar kehidupan berpolitik.

Moderator Klementina Kona Aran dan Narasumber Seminar Ir. Mardanus (KPU Karimun), Nurhidayat, S.Sos (Bawaslu Karimun)

Sementara itu Bapak Nurhidayat dari Bawaslu Karimun meminta peran aktif para pemilih pemula untuk mencegah dan mengantisipasi polarisasi yang dapat merusak etika budaya berpolitik sesuai dengan moto “bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakan keadilan pemilu.”

Deodatus Wardana, Ketua Pemuda Katolik Komcab Karimun merasa bersyukur dan bangga rangakaian kegiatan berjalan dengan lancar, terlebih pada acara seminar yang dihandel oleh kader-kader dari Komcab Karimun. “Luar biasa ya antusias para pemuda dan pelajar yang sebagian besar adalah pemilih pemula mengikuti seminar hari ini, terlebih juga ini adalah murni acara yang dieksekusi oleh kader-kader muda Komcab Karimun…” tutup Deo.

Sementara itu Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau Dr. Vandarones Purba, ST.,MH, mengaku merasa lega akhirnya tampuk kepemimpinan Komcab Karimun dapat berjalan untuk semakin berkontribusi bagi Kabupaten Karimun kedepan. “Acara pelantikan dan seminar hari ini berjalan dengan sangat baik, saya sangat berharap bagi pengurus baru untuk segera bekerja dan terkait seminar saya harap para pemilih pemula yang hadir hari ini untuk tidak apatis terhadap politik…” tambah Vanda.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This