Sunday, November 27, 2022

Sukses Gelar KKD, Komcab Mappi Siap Definitifkan 12 Komisariat Anak Cabang

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Mappi – Pengurus pemuda katolik Komisariat Cabang Mappi menyelenggarakan Kursus Kepemimpinan Dasar(KKD), di Aula St. Maria Kepi, Mappi pada 10-12 November 2022. Kegiatan ini merupakan program kerja kepengurusan periode 2019-2022 dan juga untuk menyongsong Dies Natalis Pemuda Katolik ke-77.
Kegiatan KKD mengambil Tema “Pemuda Katolik yang Berani Memimpin”.

Pada acara pembukaan kegiatan ini, Yohanis Martinus Mote, Ketua Pemuda Katolik Komcab Mappi dalam sambutannya menyinggung bagaimana Pemuda katolik harus memiliki keberanian.

Menurut Yohanis Martinus Mote, ada slogan Fortis Fortuna Adiuvat yang berarti Keberuntungan berpihak pada yang berani. Keberuntungan dalam hidup seorang pemuda katolik dapat terwujud apabila ia memiliki Keberanian untuk mandiri yang diwujudnyatakan dengan bekerja karena untuk bertahan hidup manusia harus bekerja, keberanian untuk berkarakter baik yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan kebenaran dan tak lupa seorang pemuda katolik yang beruntung harus berani untuk tidak melupakan jati diri budayanya. Maka, niscaya untuk menjadi pemimpin-peminpin Papua Selatan yang berani bukanlah mimpi semata.

Yohanis Martinus Mote, juga bersyukur oleh dukungan hirarki Gereja pada Pemuda Katolik, khususnya dalam kegiatan KKD kali ini.

“Semangat mencetak pemuda katolik yang berani memimpin ini pun didukung oleh perwakilan Gereja. Pengkaderan yang baik adalah membentuk pemimpin-peminpin yang mencintai proses. Pada hari inilah, proses itu sedang berlangsung…”, papa Jimmy sapaan akrabnya.

Sambutan pastor kevikepan Kepi yang diwakilkan oleh Rm. Harry Prabowo berpesan kepada para peserta KKD. “Cintailah proses yang akan anda lalui selama 3 hari ini. Sebab, proses yang baik, tentu hasilnya baik”,  terang Romo Harry.

Apresiasi juga datang dari perwakilan pemerintah Mappi. “Kami sangat mengapresiasi kepada pengurus Pemuda Katolik komisariat Cabang Mappi bahwa organisasi ini memang benar-benar ada dan turut membantu pemerintah untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin yang berani, mandiri, berkarakter dan berbudaya. Kami dari pemerintah pun menginginkan bahwa kegiatan seperti ini harus terus ada dan berkelanjutan untuk kebaikan bersama…”  ungkap Philipus Bumagi, S.Sos selaku Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Pembangunan.

Melkianus Da Costa Pires, Wasekjen Bidang Organisasi dan Keanggotaan PP Pemuda Katolik dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKD ini merupakan salah satu tindakan kongkret untuk memberikan kepada kader dalam membangun organisasi Pemuda Katolik terkhus di Komcab Mappi, karena lulusan KKD harus siap menempati posisi pimpinan dalam organisasi.

“Saya bangga atas komitmen teman-teman menyelenggarakan ini dan selamat atas ditunjuknya caretaker untuk pembentukan 12 Komisariat Anak Cabang di Komcab Mappi”, ungkap Pirez.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari anggota Pemuda Katolik Komisariat Cabang Merauke serta anggota dan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Mappi. Dalam kegiatan ini, Komcab Mappi juga telah membentuk tim caretaker untuk 12 Komisariat Anak Cabang di Komcab Mappi.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This