Thursday, June 13, 2024

Rapimnas I Pemuda Katolik di Pekanbaru Segera Digelar, Panitia Sematkan Dua Agenda Tambahan

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Pekanbaru – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Pemuda Katolik bakal digelar di The Zuri Hotel Pekanbaru pada 19 hingga 21 Mei 2023 mendatang.

Ketua Pemuda Katolik Komda Riau, Lorensius Purba didampingi Ketua Panitia OC Rapimnas I Pemuda Katolik, Pandapotan Sitanggang mengatakan persiapan sudah mencapai tahap finalisasi.

Pihaknya juga sudah siap menyambut kedatangan para kader Pemuda Katolik dari seluruh Provinsi.

“Selamat datang di Kota Bertuah Bumi Lancang Kuning kepada seluruh peserta. Mari kita ikuti proses Rapimnas ini dengan semarak dan serius sehingga kerja-kerja organisasi kita ke depan dapat lebih baik lagi,” katanya.

Lorensius menuturkan selain Rapimnas, pada momen ini pihaknya turut menggelar sejumlah serangkaian kegiatan.

Seperti seminar dan workshop dengan pemateri nasional, misa pembukaan bersama Uskup Keuskupan Padang, Mgr. Vitus Rubianto Solichin, S.X, Sekertaris Eksekutif Komisi Kerasulan Awam KWI Romo Hans Jeharut dan Moderator Pemuda Katolik Romo Johanes Haryanto, SJ.

“Juga, kita menginisiasi deklarasi pemilu damai bersama teman-teman organisasi lintas agama nantinya. Kemudian ada juga agenda dimana para peserta akan kita ajak untuk bakti sosial di salah satu pesantren binaan GP Ansor di Pekanbaru ini,” sambungnya.

Adapun tema pada Rapimnas tahun ini ialah Mengusung tema Kader Pemuda Katolik Tangguh untuk Indonesia Maju dengan Sub Tema Strategi dan Tantangan Konsolidasi Kebangsaan Menghadapi Tahun Politik Demi Keberlanjutan Pembangunan Menuju Indonesia Maju.

Logo Rapimnas I Pemuda Katolik 2023

Lorensius juga menyebut terpilihnya Pekanbaru menjadi tuan rumah Rapimnas adalah sebuah kebanggaan. Khususnya bagi umat Katolik di Bumi Lancang Kuning.

Sebab, katanya melanjutkan, kegiatan nasional ini menjadi ajang eksistensi kader-kader Katolik di daerah untuk tampil dan muncul berkontribusi.

“Secara tidak langsung juga menjaga keberlangsungan proses kaderisasi. Semoga, Rapimnas I Pemuda Katolik di Pekanbaru berlangsung sukses dan melahirkan pemikiran-pemikiran baru bagi kemajuan negara kita ini,” harapnya.

Terkait muatan Rapimnas, Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma mengatakan Rapimnas I akan dikemas secara berbeda.

Selain pembahasan agenda internal, juga evaluasi program-program berjalan.

Setiap kader dari pusat hingga daerah kembali membangun komitmen terkait agregasi program organisasi, teristimewa penguatan unit bisnis dan program-program kemitraan yang selama ini sudah berjalan.

“Sejauh ini Pemuda Katolik memiliki program kemitraan dengan BUMN dan beberapa instansi pemerintah seperti BKKBN, BP2MI, Petra Digital dengan Kominfo, dan Petrapreneurship seperti GoTo, Bank Sampah Petra, Petra Natural dan Desa Terhubung,” jelas Gusma.

Dia menegaskan bahwa pembangunan pemuda juga sangat penting untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi.

Seperti pengangguran, kesenjangan sosial dan ekonomi, dan kurangnya kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi secara produktif.

“Dengan memfokuskan pada pembangunan pemuda, negara dapat memastikan bahwa sumber daya manusia yang kuat dan terampil akan tersedia untuk memimpin pembangunan dan pertumbuhan jangka panjang,” kata Gusma.

Selain itu ditambahkan Gusma, pembangunan pemuda harus menjadi bagian integral dari pembangunan SDM dan strategi pembangunan nasional.

“Pembangunan SDM memang menjadi tantangan tersendiri untuk Indonesia,” singkatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Dampingi Hirarki Gereja Katolik Tarakan Audiensi ke Kemenag

Pemudakatolik.or.id, Tarakan - Pemuda Katolik Tarakan bersama Hirarki Gereja Katolik di Tarakan mengadakan audiensi dengan Kantor Kementerian Agama Kota...
spot_img

More Articles Like This