Tuesday, June 18, 2024

Hadiri Rapimnas Pemuda Katolik, ini harapan anggota Pemuda Katolik Sulawesi Barat

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Mamuju – Caretaker Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Barat turut hadir dalam kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Pemuda Katolik di Pekanbaru, Riau, yang diadakan pada tanggal 19-21 Mei 2023.

Pemuda Katolik Komda Sulawesi Barat mengirimkan 3 orang delegasi diantaranya; Lusia Widyaningrum (Sekretaris Caretaker Komda), Herry Febrianto (anggota Caretaker) dan Urbanus Tamelab (anggota). Ini merupakan kegiatan nasional pertama yang diikuti oleh anggota Pemuda Katolik dari Sulawesi Barat, Bumi Manakarra.

Sekretaris Caretaker Pemuda Katolik Komda Sulawesi Barat, Lusia Widyaningrum menyampaikan bahwa ini kesempatan yang sangat berharga bagi anggota Pemuda Katolik dari Sulawesi Barat.

“Kami sangat bersyukur dan senang diberi kesempatan untuk turut ambil bagian dalam kegiatan ini, selama 3 hari disini banyak pelajaran yang kami dapatkan dari teman-teman pengurus pemuda katolik baik pengurus pusat maupun Komda dari seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua,” ujar Widya.

Pada sesi Pandangan Umum Komda, Urbanus Tamelab menyampaikan beberapa hal terkait dinamika dan agenda konsolidasi organisasi, salah satunya persiapan Muskomda Sulawesi Barat.

“Terkait perkembangan Pemuda Katolik di Sulawesi Barat, sejak diberikan SK Caretaker dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik, kami sudah melakukan konsolidasi organisasi yakni menyelenggarakan Mapenta (Masa Penerimaan Anggota Baru) di Mamuju dengan jumlah anggota baru sebanyak 22 orang”, jelas Urbin sapaan akrabnya.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa saat ini tim caretaker terus melakukan konsolidasi ke berbagai pihak baik pemerintahan, hirarki gereja, tokoh masyarakat dan OKP lintas agama agar dapat mengenal Pemuda Katolik yang barus saja terbentuk di Provinsi Sulawesi Barat.

“Kita sedang mempersiapkan beberapa agenda organisaai diantaranya pelaksanaan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) dan Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) supaya dapat terbentuk kepengurusan secara definitif di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Barat, tutup Urbin”

Pada kesempatan yang sama, Ketua Delegasi Pemuda Katolik Sulawesi Barat, Herry Febrianto menyampaikan bahwa kegiatan ini memberi banyak dampak yang positif bagi anggota Pemuda Katolik Sulawesi Barat.

“Sebagai Komda baru, kami tentu membutuhkan dukungan dan motivasi dari berbagai pihak untuk segera menjalankan mandat organisasi yang diberikan kepada kami melalui SK Caretaker agar kami segera menyelenggarakan Muskomcab dan Muskomda dalam waktu dekat sehingga kehadiran Pemuda Katolik di Sulawesi Barat dapat memberi manfaat bagi masyarakat,” jelas Herry.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma sangat mengapresiasi kehadiran teman-teman dari Komda Sulawesi Barat dan mendorong untuk segera menjalankan agenda organisasi khususnya Muskomda sehingga teman-teman bisa terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP yang didampingi oleh Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si, Uskup Keuskupan Padang Mgr. Vitus Rubianto Solichin, SX, para tokoh katolik nasional dan Para delegasi pengurus pemuda katolik dari seluruh Indonesia, dari Aceh sampai ke Papua.

Tercatat ada 35 Komisariat Daerah (Komda) atau provinsi yang hadir dalam Rapat Pimpinan Nasional I Tahun 2023 ini dengan status 32 Komda definitif dan 3 Komda Caretaker salah satunya Komda Sulawesi Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Komcab Manado Adakan Rakercab Fokus Bahas Program Konkret

Pemudakatolik.or.id, Manado-Ketua Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Manado Ronaldo Walujan memimpin jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pengurus di...
spot_img

More Articles Like This