Sunday, June 16, 2024

Misa Pembukaan Rapimnas, Uskup Vitus: Jangan Takut, Kalian Tidak Berjalan Sendiri

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Riau – Misa meriah Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Pemuda Katolik tahun 2023 di Ballroom The Zuri Hotel Pekanbaru, Jumat (19/5) berlangsung khidmat.

Misa tak hanya diikuti oleh kader Pemuda Katolik, namun juga diikuti dengan antusias umat Katolik di kota Pekanbaru, terutama para Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St.Paulus Pekanbaru dan sekitarnya.

Seremoni pembukaan yang apik rupanya juga diikuti dengan persiapan liturgi Misa Pembukaan Rapimnas yang juga baik.

“Dukungan hirarki dan umat di Pekanbaru luar biasa, semua ikut terlibat mensukseskan acara Pemuda Katolik, ini harus menjadi contoh di daerah lain…” kata salah seorang delegasi dari Sumatera Selatan.

Uskup Keuskupan Padang, Mgr. Dr. Vitus Rubianto Solichin, S.X., yang memimpin perayaan Ekaristi dalam sapaan pembuka mengingatkan semangat “pro ecclesia et patria” yang tercermin dalam kehadiran kader Pemuda Katolik walaupun dalam kondisi letih tetap mengikuti Perayaan Ekaristi.

Suasana Ekaristi Pembukaan Rapimnas I Pemuda Katolik tahun 2023, Pekanbaru (19/5)

Lebih lanjut Bapak Uskup dalam homilinya meneguhkan kader Pemuda Katolik tentang karya Roh Kudus. “Hari ini dalam Misa Pembukaan ini bertepatan dengan pembukaan Novena Roh Kudus menyongsong Hari Raya Pentakosta, kita diteguhkan dengan firman Tuhan “Maka berfirmanlah Tuhan kepada Paulus pada waktu malam di dalam suatu penglihatan, “Janganlah engkau takut, teruslah memberitakan firman, dan jangan diam! Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini..”, ungkap Bapa Uskup kelahiran Semarang tersebut mengutip bacaan dari Kis 18:9-10.

Mgr Vitus melanjutkan dalam karya-karya Pemuda Katolik sering sekali berhadapan dengan situasi-situasi yang tidak gampang sebagai saksi-saksi Injil di tengah masyarakat. “Dalam statistik dibandingkan dengan umat lain mungkin kita kecil, tetapi Katolik ada di mana-mana, firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk pertama-tama memberi warna dengan sukacita dengan kehadiran kita. Di setiap tempat dimana Pemuda Katolik ditugaskan, disitulah kalian harus menjadi saksi-saksi kegembiraan, saksi-saksi sukacita-Nya…” tutup Bapa Uskup.

Rapat Pimpinan Nasional I Pemuda Katolik tahun 2023 telah dibuka oleh Menko PMK Muhadjir Effendy pada Jumat, 19 Mei 2023. Rapimnas ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Pusat Pemuda Katolik, utusan Komisariat Daerah secara keseluruhan, tercatat 32 Komda defenitif dan 4 Komda Karateker menghadiri agenda Pemuda Katolik berskala nasional ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Dampingi Hirarki Gereja Katolik Tarakan Audiensi ke Kemenag

Pemudakatolik.or.id, Tarakan - Pemuda Katolik Tarakan bersama Hirarki Gereja Katolik di Tarakan mengadakan audiensi dengan Kantor Kementerian Agama Kota...
spot_img

More Articles Like This