Tuesday, August 16, 2022

Pelantikan Pengurus Komcab Surakarta: Implementasi Program Desa Terhubung

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Surakarta – Bertempat di Loji Gandrung, Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Surakarta periode 2022-2025 resmi dilantik.

Hadir dalam pelantikan ini Kepala Bagian Kesra Sekda Surakarta Hendro Pranomo yang mewakili Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Wali Kota Surakarta berharap kader Pemuda Katolik mampu merajut keberagaman sebagai suatu kekuatan bangsa. “Dalam keberagaman itu, kita harus saling menghargai, menjaga toleransi antar umat beragama dengan bijak. Dalam kerangka ini, Pemuda Katolik harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menggerakkan dan memunculkan berbagai ide-ide kreatif dan konstruktif,” ujar Hendro membacakan pesan Wali Kota Surakarta, Mingg, (31/7/2022).

Pelantikan Pengurus Komcab Surakarta/Dok. Komda Jateng

Terkait visi kebhinekaan ini, Ketua Komcab Surakarta terpilih Anastasia Diatri Erlindawati, mengatakan Pemuda Katolik Komcab Surakarta menegaskan organisasi kemasyarakatan lainnya adalah mitra Pemuda Katolik dalam merawat toleransi. Maka kedepannya Pemuda Katolik akan bersinergi dengan ormas-ormas di Surakarta agar menjadikan Solo yang damai dan aman.

Ade, panggilan akrabnya, menjelaskan, Kader Pemuda Katolik harus menumbuhkan rasa cinta tanah air terutama untuk kaum muda Katolik dengan tetap menjunjung kebersamaan dalam bingkai Pancasila dan UUD 1945,”sebut Ade.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Tengah, Paramita Hanna menekankan kepada para kader agar pengurus organisasi harus mampu menjawab amanah dengan program yang nyata.

“Komda Jateng kini memiliki pilot project seperti program Desa Terhubung yang kini menjadi  program nasional. Pemuda Katolik harus tampil membantu pemerintah menguatkan resonansi program Desa Terhubung ini,” ungkap Mita, sapaannya.

Ia menambahkan, semboyan  pro ecclesia  et patria  pro bono publico untuk Gereja Bangsa dan Negara harus dijiwai setiap kader agar kepentingan umum menjadi prioritas di atas kepentingan pribadi.

Dalam semangat untuk Gereja, Bangsa, dan Negara, perempuan asli Solo ini mengajak kader Pemuda Katolik berani terlibat di berbagai bidang. “Misalkan dalam bidang politik, para kader Pemuda Katolik harus menjalani politik yang bermartabat sesuai dengan iman Gereja Katolik dan memperjuangkan asas preferention option for the poor (keberpihakan kepada mereka yang kecil dan lemah),” sebutnya.

Pelantikan ini dihadiri kader Pemuda Katolik Komda Yogyakarta, Komcab Sleman, Komcab Bantul, dan Komcab Karanganyar. Hadir juga beberapa anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dan DPRD Kota Surakarta.

Paramita Hanna (Ketua Komda PK Jateng) menyerahkan bendera Pemuda Katolik kepada Anastasia Diatri Erlindawati (Ketua Komcab Surakarta) teprilih/Dok. Komda Jateng

Romo Yustinus Guru Kedi, Pr  yang memberikan peneguhan kepada pengurus yang baru saja dilantik, dalam pesannya Romo Yustinus menyampaikan agar kader Pemuda Katolik harus benar-benar menjadi kader yang bekerja untuk kepentingan gereja dan negara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Ulang Tahun Gua Maria Kerep Ambarawa, Pemuda Katolik Tandu Arca Maria

Pemudakatolik.or.id - Ormas Pemuda Katolik yang dikenal berkiprah pada misi-misi ad-extra (Misi Keluar Gereja) harus juga memiliki akar identitas...
spot_img

More Articles Like This