Monday, September 26, 2022

Pelantikan Pemuda Katolik Komcab Samosir Diwarnai Pesan Inkulturasi Adat Toba

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Samosir – Pelantikan Pengurus Komisariat Cabang Samosir yang berlangsung, Sabtu, (10/9/2022) bernuansa Inkulturasi adat Batak Toba.

“Pelantikan yang dilaksanakan di lokasi wisata Aek Rangat Kabupaten Samosir tersebut, dilaksanakan bergaya inkulturasi gaya adat Batak Toba, mengingat Kabupaten Samosir sebagai kawasan budaya adat Batak Toba,” pungkas Polten Simbolon Ketua Terpilih Pemuda Katolik Komcab Samosir periode 2022 – 2025.

Pelantikan ini sendiri diawali dengan Ekaristi, yang dilanjutkan dengan acara pelantikan lalu ada Seminar Kebangsaan dengan tema “Pemuda Partisipatif dalam Pemilu 2022”. Tak lupa kegiatan diakhiri dengan penyematan ulos sebagai cinderamata dan ungkapan terimakasih kepada para narasumber karena telah bersedia hadir sebagai narasumber.

Nuansa budaya Inkulturasi adat Batak Toba ini sendiri tidak hanya tampak pada saat pemberian cinderamata saja tetapi juga dalam Ekaristi bagian perutusan. Dalam penutupan Ekaristi bagian perutusan Vikaris Episkopal St. Thomas Rasul – Pangururan, Pastor Ambrosius Nainggolan, OFM.Cap menyematkan Sortali (topi berbahan ulos budaya Batak Toba ) ke kepala Ketua Terpilih Komcab Samosir, Polten Simbolon, SE,MM, yang dilantik pada hari itu. Sebelum memakaikan “sortali” pastor Ambrosius menyampaikan bahwa beliau sangat tersentuh dengan kehadiran Kikin Tarigan sebagai Komisioner Nasional Disabilitas, dimana penyandang disabilitas saat ini menjadi perhatian Gereja. Atas hal ini Vikep berjanji akan mendoakan Pemuda Katolik ini agar lebih baik kedepan. Lebih Lanjut vikep tersentuh dengan dukungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah terhadap Pemuda Katolik yang tampak hadir pada saat itu. Pastor Ambroius berharap juga agar kiranya Polten Simbolon, berpasrah kepada Tuhan dalam memikul Salib Perutusan, sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Samosir.

Pada acara penyambutan tamu juga diwarnai dengan tor – tor “Gondang Panomu – nomuon” yakni upacara penyambutan tamu gaya Toba. Tampak pula Polten Simbolon bersama pengurus Pemuda Katolik Komcab Samosir yang dilantik pada hari itu, mengenakan Ulos sebagai bagian dari Inkulturasi budaya Batak Toba dalam acara Pelantikan. Pada akhir acara Polten Simbolon, Ketua Panitia Rihard Pardosi, Penasehat Pemuda Katolik Komcab Samosir Vincent Sitinjak serta Ketua Komisariat Daerah Pemuda Katolik Sumut Parulian Silalahi, SE menyematkan ulos kepada Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma dan para narasumber.

Sebelum menyematkan ulos Polten Simbolon menyampaikan ucapan terimakasih kepada para narasumber, dan salah satu kader Pemuda Katolik yang dihunjuk oleh panitia sebagai Bius ( pemimpin upacara dalam adat Toba ) menyampaikan umpasa ( pantun ) kepada pemain music sebagai pengahantar dalam menyematkan ulos kepada para narasumber.

Pelantikan yang bernuansa Inkulturasi Budaya Adat Toba ini menitik beratkan perhatian pada 2 hal yakni gairah para pemuda dalam menyongsong Pemilu 2025 dan keterlibatan pemuda disabilitas dalam penyelengaraan Pemilu 2025. Hal inilah yang mendasari Polten Simbolon dan para pengurus Pemuda Katolik menghadirkan para tokoh – tokoh Katolik yang aktif dalam penyelengaraan Pemilu dan negara seperti Richard Sidabutar mantan anggota DPRD Provinsi Sumut, Suhadi Situmorang anggota Bawaslu Sumut dan Kikin Tarigan Komisioner Nasional Disabilitas.(RT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This