Sunday, July 3, 2022

Muskomcab III Pemuda Katolik Maluku Tenggara Tetapkan Melani Tanlain sebagai Nahkoda Baru

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Malra – Bertempat di Gedung Catholic Centre Sabtu (18/6) telah terselenggara Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) III Pemuda Katolik Maluku Tenggara (Malra).

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun mengharapakan Pemuda Katolik menjadi figure beradasrkan impian salah satu tokoh terdahulu yaitu; Pater Beek yaitu figure Pancasilais. Pesan ini disampaikan Hanubun dalam sambutannya yang dibawakan oleh assisten Setda Malra Nona Tamnge pada seremonial pembukaan kegiatan Muskomcab III Pemuda Katolik Maluku Tenggara Tahun 2022.

Menurut Hanubun, melalui kegiatan muskomcab saat ini dapat melahirkan kader-kader pemuda katolik yang tangguh sehingga mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran segar dan cerdas demi kemajuan Maluku Tenggara. Dia juga menambahkan bahwa organisasi Pemuda Katolik merupakan organisasi yang memiliki orang-orang cerdas dan siap membawa misi Gereja dan organisasi. “Membawa misi Gereja artinya organisasi ini harus bergandeng tangan dengan hirarki gereja untuk turut serta membawa membawa misi katolik yang universal,” terang Bupati.

Wakil Uskup Kei Kecil dan Kota Tual , Wensislaus Eko Setianto Reyaan memberi perhatian khusus kepada Pemuda Katolik di Malra. Menurutnya Maluku Tenggara memiliki sejarah menarik tentang hadirnya Gereja Katolik. Orang menyebut negeri ini sebagai negeri para martir karena di tempat ini terdapat makam uskup, frater, dan suster yang meninggal dibunuh oleh tentara Jepang. Kuburan mereka kini masih bisa dilihat. Karena sejarah ini, Gereja berharap orang muda, khususnya Pemuda Katolik harus ambil bagian meneruskan visi Gereja menjadi misionaris zaman ini. “Kader jangan lupa akan sejarah ini, dan jangan lupa untuk berjalan bersama Hirarki demi misi Gereja kedepan…” tambah Pastor Eko.

Sementara itu, moderator Pemuda Katolik Komcab Malra Pastor Godefridus Frawowan mengatakan kini saatnya Pemuda Katolik lahir kembali. “Pemuda Katolik harus mengambil bagian dalam seluruh dinamika perjuangann bangsa dan gereja termasuk terlibat dalam kegiatan sosial politik kemasyarakatan…”, imbuh Pastor Fritz

Seremonial berlanjut dengan sesi-sesi persidangan. Sidang Muskomcab III Pemuda Katolik Maluku Tenggara akhirnya menetapkan Melani Tanlain sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Maluku Tenggara Periode 2022-2025.

Ketua terpilih Melani Tanlain menyatakan akan membangun dan mengembangkan Pemuda Katolik di Maluku Tenggara menjadi lebih baik dan lebih maju. “Akan saya kembangkan Pemuda Katolik Malra menjadi lebih baik, dan menghidupkan pemuda Katolik di setiap stasi yang ada di Maluku Tenggara.” tegas Tanlain.

Disela-sela penutupan, Ketua Panitia Muskomcab III Pemuda Katolik Maluku Tenggara Izaak Setitit mengatakan bahwa bedasarkan SK yang ia terima tentang Panitia Penyelenggara Musyawarah Komisariat Cabang Pemuda Katolik Maluku Tenggara, bersama anggota Pemuda Katolik aktif lainnya bahu-membahu mensukseskan hingga kegiatan usai dan melahirkan nahkoda baru.

“Kita sudah selesai, hari ini juga hasil persiapan sudah selesai dan langsung kami kembalikan ke PLH Komda yang memberikan kami mandat pelaksanaan, dan seperti yang diketahui bahwa kita telah memiliki ketua baru..”, imbuh Setitit.

Pelaksana Harian PLH. Ketua Komisariat Daerah Maluku Yustinus H. Wuarmanuk, mengatakan sudah saatnya Pemuda Katolik di Maluku Tenggara untuk kembali bergandengan tangan “lahir kembali” dan berkiprah untuk masyarakat sekitar, bekerjasama dengan para stakeholder; pemerintah, Hirarki Gereja dan OKP di Malra. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah, Bapak Bupati Malra, Hirarki Gereja, para senior Pemuda Katolik dan khususnya Panitia Muskomcab III yang telah bekerja keras demi terselenggaranya kegiatan dengan baik…”, tutup Yustinus*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik dan Ormas Se-Lampung Dukung Pemberantasan Ormas dengan Paham Radikal

Pemudakatolik.or.id, Lampung - Ancaman terorisme dan tindakan radikalisme masih menjadi momok yang menghantui keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terlebih...
spot_img

More Articles Like This