Sunday, July 3, 2022

Gelar Mapenta & Muskomcab, Pemuda Katolik Komcab Siak Resmi Berdiri di Negeri Istana

Must Read

Pemuda Katolik Komisariat Cabang Siak Provinsi Riau sukses menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru dan Musyawarah Komisariat Cabang di Aula Gereja Santo Yohanes Pembaptis Perawang, Sabtu (4/6/2022).

Usai melalui proses musyawarah mufakat yang alot, Rinal Sihotang terpilih menahkodai Pemuda Katolik Komcab Siak secara aklamasi periode 2022 – 2025.

“Terima kasih atas kepercayaan rekan-rekan menunjuk saya untuk menjadi Ketua Pemuda Katolik Komcab Siak. Juga dukungan Pastor Paroki RP.Antonius Dwi Raharjo,SCJ beserta DPP Santo Yohannes Pembaptis Perawang. Semoga amanah ini dapat saya jalankan dengan baik yang tentunya juga membutuhkan kontribusi dari teman-teman serta stakeholder lainnya,” kata Dia singkat usai terpilih.

Bagi Ketua Pemuda Katolik Komda Riau, Lorensius Purba, proses yang dilalui ini menjadi sejarah untuk umat Katolik di Kabupaten Siak. Bahwa telah hadir secara resmi organisasi masyarakat (ormas) Katolik pertama di Negeri Istana itu.

Oleh sebab itu, Dia berharap kepada jajaran pengurus Pemuda Katolik Komcab Siak nantinya agar melakukan tugas-tugas organisasi sesuai tupoksi masing-masing.

“Kita berharap, Pemuda Katolik Komcab Siak menjadi wajah gereja di Kabupaten ini. Artinya, mampu bersinergi dengan ormas keagaaman lainnya serta menjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah setempat,” harap Dia.

Setelah merapikan administrasi organisasi, Lorensius menghimbau kepada pengurus beserta anggota agar mulai turut serta di berbagai kegiatan pemerintah.

“Barangkali sebagai langkah awal untuk memperkenalkan diri, teman-teman pengurus silahkan lakukan audiensi dengan para stakeholder terkait, seperti kepada Bupati Siak, Kesbangpol Siak, Polres Siak, Kodim Siak dan lembaga lainnya,” tuntas Dia.

Pastor Moderator Pemuda Katolik Komda Riau, RD Emil Sakoikoi, Pr yang juga hadir menyaksikan proses ini mengaparesiasi gerakan para pemuda ini. Sebab, menurut Dia kehadiran ormas katolik ini memiliki urgensi sebagai garda terdepan gereja untuk urusan eksternal.

“Kalau tidak, gereja hanya berkutat di dalam saja. Padahal gereja kita ini bermisi yang diemban oleh semua pengikut Kristus,” tegas Dia.

Romo Emil juga menekankan 3 jabatan umat Katolik setelah dibaptis. Diantaranya sebagai Nabi untuk mewartakan dan bersaksi, sebagai Imam yang berdoa, devosi dan kontemplasi serta menjadi Raja yang dimana kita menjadi pemimpin atas hidup kita dengan bimbingan roh kudus.

“Semoga kita bisa lebih memaknai tugas perutusan kita sebagai umat Katolik. Sekali lagi selamat berkarya untuk pengurus Pemuda Katolik Komcab Siak, selamat bekerja demi Gereja dan Tanah Air. Jadilah garam dan terang dunia,” tuntas Romo Emil.

1 COMMENT

  1. Semoga bermanfaat, coreksi;; kta Dia dgn huruf besar D..menyatakan TUHAN. Ttpi bila utk org.. cukup huruf kecil..”dia..” bisa juga kita beliau…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik dan Ormas Se-Lampung Dukung Pemberantasan Ormas dengan Paham Radikal

Pemudakatolik.or.id, Lampung - Ancaman terorisme dan tindakan radikalisme masih menjadi momok yang menghantui keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terlebih...
spot_img

More Articles Like This