Login
or
Register

Pemuda Katolik Komda Sumsel Bantu Umat dan Warga Terdampak Corona

berita_satgas-pemuda-katolik-sumsel-palembang
April 29, 2020

Pemuda Katolik Komda Sumsel Bantu Umat dan Warga Terdampak Corona

Sticky
0

PALEMBANG –┬áPandemi Covid-19 yang melanda secara global selain memperlihatkan kengerian di sisi lain justru memperlihatkan semakin kuatnya solidaritas antar warga bangsa.

Ada begitu banyak gerakan solidaritas dan bantuan untuk pencegahan dan penanganan covid19 ini, contohnya saja organisasi kepemudaan Pemuda Katolik yang diketuai oleh Kartini asal Kalimantan Barat, dr Karolin Magret Natasa.

Lewat gerakan angkat satu saudara yang telah dipilih dan diputuskan per 1 April lalu dan langsung dibuat satuan tugas secara nasional dengan Stefanus Asat Gusma sebagai koordinator nasional, Pemuda Katolik membantu warga yang terdampak Corona khususnya di daerah yang telah ditetapkan sebagai daerah zona merah.

Sampai saat ini gerakan telah berjalan hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Sumatera Selatan. Untuk Sumatera selatan, Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Ogan Komering ilir lebih dulu bergerak setelah ada warga yang terdampak karantina wilayah.

“Iya, kami membantu warga di beberapa desa di OKI yang karantina,” ujar Bernadus Wellianto, Ketua Pemuda Katolik OKI saat dihubungi via whatapps.

Selanjutnya dibantu oleh Pengurus Komisariat Daerah serta Pengurus Cabang yakni Eko Maranata Situmorang ketua Pemuda Katolik Banyuasin, Elisabet Rini Tamia Ketua Palembang, Bernadus Wellianto OKI serta Stefanus Aryanto ketua OKU Timur mendistribusikan APD dari Crisis Center Gereja Katolik Keuskupan Agung Palembang ke Puskesmas di Palembang dan kabupaten kota lainnya.

Pemuda Katolik Komda Sumsel juga mendistribusikan bantuan ke Panti Rehabilitasi Narkoba Griya Anak Sayang di Banyuasin sedangkan pemuda katolik Palembang membagikan sembako sembako ke warga Palembang yang rentan terdampak sesuai kriteria kelayakan penerima bantuan.

“Setelah ke Panti rehabilitasi di Banyuasin, kita akan bergerak ke panti asuhan di Palembang, semoga langkah kecil ini menjadi langkah besar bersama seluruh warga, komunitas komunitas, organisasi kepemudaan dan seluruh komponen masyarakat serta pemerintah Provinsi Sumatera selatan,” ujar Martinus Endro, Ketua Pemuda Katolik Komda Sumsel.

“Jika ingin membantu bisa lihat di instagram kami, pemuda Katolik Komda Sumsel,” tambahnya.

Senada dengan pengurus Provinsi, Elisabeth Rini Tamia, Ketua Komcab Palembang juga masih terus bergerak menghimpun bantuan.

Saat ini sembako yang diberikan adalah hasil sumbangan dewan penasehat,pengurus dan anggota Pemuda Katolik . Sangat diharapkan adanya bantuan dari umat dan masyarakat yang berkenan berbagi kepada masyarakat yang rentan terdampak khususnya di daerah yang telah ditetapkan sebagai daerah zona merah.

Gerakan ini juga merupakan upaya dari Pemuda Katolik secara nasional, maupun juga secara lokal dalam mendukung usaha usaha gereja katolik dan pemerintah membantu umat dan warga yang saat ini terdampak.

“Mari tak henti hentinya kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir dan untuk teman teman yang bergerak, jaga kesehatan, ikuti protokol kesehatan dan tetap semangat,” tutup Endro.

Sumber: tribunnews

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*