Wednesday, June 19, 2024

Siap Selenggarakan Mapenta dan KKD, Pemuda Katolik Komcab Kota Jayapura Ingin Perkuat Kaderisasi

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jayapura – Pada Bulan Agustus mendatang, Pemuda Katolik St. Fransiskus Asisi Komisiariat Cabang Kota Jayapura akan menggelar Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) dan Kursus Kepemimpin Dasar (KKD).

Hal ini disampaikan Ketua Komcab Jayapura, Simon Bame. Menurutnya tema kegiatan ini adalah, “Mari Ikutilah Aku, dan Kamu Akan Kujadikan Penjala Manusia”. Simon menjelaskan tema ini adalah sebuah panggilan menjadikan semakin banyak orang muda Katolik sebagai penjala manusia.

“Penjala manusia itu diartikan tidak sekadar menjadikan Orang Muda Katolik asal terlibat dalam organisasi lewat MAPENTA atau diajarkan untuk memimpin secara baik. Tetapi dalam MAPENTA dan KKD ini diharapkan kualitas orang muda sejalan dengan teladan Yesus Kristus,” ujar Simon.

Simon Bame Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Jayapura/Dok. Pribadi

Makna dari tema ini, lanjutnya, merujuk pada potensi kader yang telah di rekrut masuk dalam anggota Pemuda Katolik, benar-benar berpotensi sesuai slogan Pemuda Katolik yaitu (Pro Ecclesia et Patria) berbakti “untuk gereja dan bangsa”.

MAPENTA dan KKD akan di pisahkan dengan jeda waktu yang berbeda beda. Tujuannya agar dua kegiatan ini benar-benar dihayati dan dimaknai dengan baik oleh Orang Muda Katolik.

Simon menjelaskan, terkait kerja panitia sudah 80 persen dan sudah siap melangsungkan dua kegiatan kaderisasi organisasi Pemuda Katolik ini. Panitia menargetkan 50 peserta yang terlibat dalam MAPENTA dan KKD. “Surat pemberitahuan dan undangan sudah beredar ke Orang Muda Katolik, ke sekolah-sekolah, dan asrama-asrama Katolik di Kota Jayapura.

Mantan Ketua PMKRI St. Efrem Jayapura ini berharap, para siswa-siswi, mahasiswa, atau Orang Muda Katolik dari usia 17-43 tahun dapat terpanggil terlibat dalam kegiatan ini. Menurutnya Pemuda Katolik saat ini tampil dengan slogan Reborn  and grow further, wajah baru berorganisasi ini diharapkan membangkitkan semangat orang muda Katolik agar menjadikan organisasi ini sebagai organisasi kader demi Gereja dan Tanah Air.

“Kami juga sudah melakukan rapat kerja cabang (Rakercab) yang di hadiri oleh Bapeda Kota Jayapura yang mewakili pemerintah Kota Jayapura, maka kegiatan MAPENTA dan KKD kami lakukan, di situlah kami akan seleksi dan melakukan perekrutan untuk masuk dalam badan pengurus Pemuda Katolik Komcab Kota Jayapura”, terangnya.

Untuk diketahui bahwa MAPENTA dan KKD juga sebagai pembinaan formal yang berjenjang dari Pemuda Katolik tingkat komisariat cabang,dengan tahapan pengurus dari daerah sampai pusat mempunyai aturan mainnya organisasi pasti ada.

Pemuda Katolik juga memastikan dalam dua kegiatan ini akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jayapura, terutama Dinas Pemuda dan Olahraga untuk turut hadir memberi arahan dan dukungan kepada Pemuda Katolik Komcab Kota Jayapura.

“Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh generasi muda Katolik yang ada di kota jayapura, belum termasuk dalam anggota aktif Pemuda Katolik agar bisa mengambil bagian untuk mengikutinya”,pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This