Wednesday, July 17, 2024

Pemuda Katolik Lampung Pastikan Ikut Serta Minimalkan Potensi Kerawanan Pemilu 2024

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Bandar Lampung, Lampung – Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Lampung menyepakati untuk meminimalisri kerawanan Pemilu 2024, Minggu (27/11/2022).

Kerawanan Pemilu di tahun 2024 yang disepakati untuk diminimalisir yakni keterpartisipasian pemilih. Hal itu ditegaskan setelah dihadirkannya Seminar Kepemiluan “Partisipasi Pemuda Katolik dalam Pemilu” yang diselenggarakan Pemuda Katolik Komda Lampung dalam rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Pemuda Katolik se-Komda Lampung pada Minggu (20/11/2022).

Lebih rinci, Ketua Pemuda Katolik Komda Lampung Marcus Budi Santoso menjelaskan ada point yang akan dioptimalkan terkait peran dari Pemuda Katolik dalam Pemilu 2024 nantinya. Yakni partisipasi dalam keterlibatan dalam penyelenggaraan pemilu dan pengawasan pemilu.

“Pertama, dari keterlibatan dalam pemilu yang terdiri dari mengedukasi hak untuk memilih untuk mengoptimalkan partisipasi jumlah pemilih,” jelas dia.

Sementara yang kedua adalah memastikan partisipasi dari setiap pemilih adalah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Yang dicontohkan seperti, tidak terpengaruh oleh potik uang dan politisasi isu-isu strategis seperti SARA dan lainnya.
Adapun seminar kepemiluan tersebut menggandeng KPU dan Bawaslu di sekup Provinsi Lampung.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami, dalam seminar tersebut menyampaikan partisipasi pemuda di menjelang Pemilu 2024. Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardi P menyampaikan tentang potensi kerawanan Pemilu 2024 dan partisipasi pemuda untuk mengantisipasinya. Seminar ini dimoderatori oleh Sekretaris Pemuda Katolik Komda Lampung Antonius Mustaim.

Sementara yang menjadi peserta seminar adalah seluruh pengurus Pemuda Katolik Komda Lampung dan delegasi Pemuda Kotolik se-Komda Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

22 Anggota Baru Ikuti Mapenta Pemuda Katolik Kaimana, Papua Barat

Pemudakatolik.or.id, Kaimana - Sebanyak 22 kader baru Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kaimana resmi dilantik oleh Ketua Petrus Jimmy...
spot_img

More Articles Like This