Tuesday, June 18, 2024

Pemuda Katolik Kota Bogor Gelar Rekoleksi dan Penerimaan Anggota Baru 2024

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Bogor menggelar Rekoleksi dan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) yang bertajuk “Berjalan Bersama Dalam Pelayanan Pemuda Katolik Yang Partisipatif, Misioner, dan Transformatif” bertempat di Gedung BPK Paroki BMV Katedral Bogor, Jawa Barat.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Bogor Enggar Bawono dalam sambutannya menyampaikan Bahwa diperlukan peran serta aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. “Kolaborasi lintas iman bagi orang muda Katolik, Jadi kami sangat berharap peran serta aktif kader-kader yang baru mengikuti Mapenta dalam kegiatan Pemuda Katolik” ungkap Enggar.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat, Edi Murdani Sutrisno Silaban menyampaikan bahwa Kota Bogor merupakan kota toleran dan harmonis. Pemuda Katolik Komcab Kota Bogor harus berperan dalam menjaga toleransi dan Keharmonisan dengan pemuda lintas iman.

“Saya berharap setelah kegiatan Mapenta ini selesai, para pengurus dan kader yang baru bergabung bergerak bersama. Tahun ini akan ada Muskomcab yang memilih pengurus baru maka peran serta Pemuda Katolik selalu di nanti dalam berkolaborasi khususnya di isu toleransi dalam menjaga keharmonisan di Kota Bogor”, tutup Edi Silaban.

Turut hadir Sekjen DPD KNPI Kota Bogor Rudi Zaenudin menyampaikan apresiasi program kaderisasi Pemuda Katolik. “Saya terus mendukung segala bentuk kegiatan kepemudaan yang bersifat positif dan mengharapkan semangat yang tinggi dari Pemuda Katolik untuk turut andil dalam perkembangan di Indonesia,” ujar Rudi.

Kegiatan ini turut didampingi oleh Yohanes Retnanto selku Ketua Bidang Kaderisasi dan Pelatihan PP Pemuda Katolik, Bendahara Pemuda Katolik Jabar Rinda Berlian, Wakabid Politik dan Kepemiluan Ferdynand Pasaribu, Wakabid Ekraf dan Kewirausahaan Bernardus Julianus, Sekbid Kaderisasi dan Distribusi Kader Anselmus Lagudo, dan Sekretaris Komcab Kota Bogor Boy Fernando Lumban Raja.

*Rekoleksi*
Acara diawali dengan pemberian materi Rekoleksi. Anggota baru dibekali pemahaman mengenai jati diri dan peran orang muda dalam menjalankan karya pelayanan. Pemahaman ini dikemas menjadi materi “Who I Am” yang dibawakan oleh Yohanes Retnanto yang merupakan Ketua Bidang Kaderisasi dan Pelatihan PP Pemuda Katolik.

Materi ini memberikan pemahaman pada peserta mengenai pentingnya mengenal diri sendiri guna menyadari pentingnya keberadaan diri dalam masyarakat khususnya dalam bermasyarakat dalam ke-Katolik-an.

Ketua Bidang Kaderisasi dan Pelatihan PP Pemuda Katolik Yohanes Retnanto juga memberikan pemahaman mengenai Citra Allah dan Ajaran Sosial Gereja (ASG). Pemahaman ini bertujuan untuk membantu peserta memahami gagasan mendasar mengenai alasan “mengapa harus beraktivitas” bermasyarakat.

Peserta diajak menyadari tugas dan panggilannya sebagai kader Pemuda Katolik serta peserta diajak untuk mengenal jati dirinya dan peran orang muda dalam menjalankan karya pelayanan yang partisipatif, misioner dan transformatif.

Mapenta
Selain dibekali dengan pemahaman mengenai Diri dan Gereja, peserta dibekali juga dan pemahaman mengenai Pemuda Katolik yang dibawakan oleh Edi Silaban selaku Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar.

Pemahaman ini dikemas menjadi Materi “Lebih Dekat Dengan Pemuda Katolik” yang membekali peserta dengan sejarah panjang Pemuda Katolik, Arah dan Gerak Pemuda Katolik Jabar, sampai pada Road Map Pemuda Katolik Jabar.

Sesi terakhir, pemahaman mengenai keorganisasian yang dibawakan oleh Enggar Bawono selaku Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Bogor. Acara ditutup dengan prosesi Pelantikan Penerimaan Anggota Baru Pemuda Katolik se-Kota Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Komcab Manado Adakan Rakercab Fokus Bahas Program Konkret

Pemudakatolik.or.id, Manado-Ketua Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Manado Ronaldo Walujan memimpin jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pengurus di...
spot_img

More Articles Like This