Saturday, April 13, 2024

Pemuda Katolik Komda Kalimantan Utara Gelar Seminar Nasional dan Rakerda

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Malinau –¬†Malinau – Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kalimantan Utara menggelar Seminar Nasional dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pada, Sabtu (22/07/2023)

Kegiatan tersebut turut menghadirkan dua narasumber yakni Pastor Kanisius kopong, Wili Baldus Komisioner KPU Kab. Malinau, di Moderatori oleh Ketua Komcab Kabupaten Malinau, Erdi.

Acara yang dilaksanakan di gedung BPU Sembuak Warod itu mengusung tema “Melalui pemuda mewujudkan Kaltara dari halaman belakang Republik menjadi Beranda Terdepan NKRI di era Digital.”

Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik, Melkianus Da Costa Pirez mengatakan bahwa Petra digital ini merupakan kolaborasi Pemuda Katolik dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) terkait literasi digital.

“Perkembangan teknologi yang begitu pesat tanpa diimbangi oleh kemampuan literasi yang memadai dapat menjadi ancaman stabilitas nasional di masa depan,” kata Pirez di Malinau.

Apalagi, kata dia, di Indonesia yang diketahui bahwa terdapat ketimpangan pendidikan antar generasi yang begitu besar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dalam masyarakat, dan membentuk kader-kader petra digital yang cakap literasi digital dan dapat menjadi duta literasi di tengah keluarga, masyarakat bangsa dan negara,” jelasnya.

Pirez menjelaskan bahwa, kegiatan ini dimulai sejak Memorandum of understanding (MoU) pertama ditandatangani dengan Kominfo pada bulan Mei 2022 pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Manado.

“Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Kalimantan Utara ini, ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Kalimantan Utara tepatnya di Komcab Malinau, yang dihadiri oleh 5 Komisariat Cabang (Komcab Tarakan, Komcab Nunukan, Komcab Bulungan, Komcab KTT dan Komcab Malinau).

Turut hadir juga para peserta dan tamu undangan dari dari tiga paroki di kabupaten Malinau, Paroki Santo Stefanus Malinau, Paroki Rasul Yohanes Pl. Sapi, Paroki Santo Lukas Apau kayan.

Sehingga dari itu, lanjut dia, kedepan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh Pemuda Katolik di seluruh Indonesia.

“Program Petra digital dengan Kominfo itu akan terus dilaksanakan oleh Pemuda Katolik di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komda Pemuda Katolik Kalimantan Utara, Fansiskus Kuswanto menyebut di era saat ini, transformasi digital sangat penting diterapkan dalam berbagai aspek.

“Transformasi digital ini bergerak dalam berbagai aspek, diantaranya aspek pendidikan, aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek politik. Jadi transformasi digital sangat bermanfaat di era saat ini,” kata Fran.

Sehingga dari itu, dirinya mendorong Pemuda Katolik Komda Kalimantan Utara untuk ikut berpartisipasi dan terjun langsung dalam perubahan digitalisasi.

“Karena transformasi digital banyak memberikan dampak yang positif bagi organisasi,” jelasnya.

Selain itu, sambutan Uskup Keuskupan Tanjung Selor menyampaikan dengan hadirnya pemuda Katolik di Kalimantan Utara, bagaimana mengambil bagian yang terlihat menjadi beranda Terdepan di Kalimantan Utara baik bagi Umat, gereja dan bangsa.melakukan konsolidasi yang baik dengan sesama pengurus smpi ke tingkat pengurus Pusat dan menjaga nama baik kehormatan organisasi pemuda katolik.

Bupati Malinau, Wempi W. Mawa yang hadir langsung dalam acara pembukaan Rapat Kerja Daerah dan Seminar Nasional ini menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah siap Mendukung kegiatan kepemudaan di kabupaten malinau, Bupati juga menyampaikan Pemuda harus terus bergerak dan benar benar bisa memanfaatkan peluang dan bisa melihat peluang itu sendiri.

Diakhir sambutan Bupati Malinau Wempi W Mawa sekaligus membuka acara secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Apresiasi Kehadiran Wali Kota Binjai Saat Perayaan Paskah

Pemudakatolik.or.id, Binjai - Dalam rangka meningkatkan toleransi antar umat beragama di Kota Binjai, Wali Kota Binjai hadiri perayaan Paskah....
spot_img

More Articles Like This