Tuesday, August 16, 2022

Pemuda Katolik Komcab Dumai Teken MoU dengan Bawaslu

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Dumai – Pemuda Katolik Komisariat Cabang Dumai menghadiri undangan sosialisasi yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Dumai, Sabtu (24/7/2022).

Mengusung tajuk, Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Pemuda Katolik Komcab Dumai diwakili oleh Ketua Rolly Sinaga bersama Sekretaris Michael Gultom.

Pertemuan ini digelar dalam rangka menyambut masa Pemilihan Umum dan Pemilihan Serentak tahun 2024 mendatang.

Selain sosialisasi, juga dilakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman antara Bawaslu dengan Pemuda Katolik Komcab Dumai.

Ketua Bawaslu Dumai,Zulfan mengatakan kerjasama organisasi-organisasi Kepemudaan dengan Bawaslu menjadi hal terpenting bagi pihaknya.

“Sebab, kerjasama ini berguna dalam rangka terwujudnya pengawasan yang baik dari seluruh elemen masyarakat, khususnya kaum muda kota Dumai ini. Dengan sosialisasi dan kerjasama ini, diharapkan pelanggaran-pelanggaran dalam proses Pemilu dapat diminimalisir,” tegas Dia.

Sementara bagi Ketua Pemuda Katolik Komcab Dumai Rolly Sinaga, kerjasama ini menjadi agenda penting bagi organisasi dalam menjaga eksistensi serta meningkatkan keterlibatan Pemuda Katolik dalam pembangunan bangsa.

Dia mengatakan ini menjadi langkah awal Pemuda Katolik Komcab Dumai untuk berkarya dan dikenal oleh masyarakat di Dumai.

“Giat hari ini merupakan program turunan dari Pemuda Katolik Pusat yang sudah terlebih dahulu melakukan audiensi dengan BAWASLU lalu kemudian diikuti di seluruh cabang se Indonesia. Pada RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional) Pemuda Katolik yang diadakan bulan Mei lalu di Sulawesi Utara, misalnya, Pemuda Katolik Pusat telah mengundang bapak Herwyn J.H Malonda (anggota BAWASLU RI) untuk menjelaskan tentang peran-peran yang semestinya diambil oleh Pemuda Katolik di dalam masa PEMILU. Entah itu peran langsung sebagai Penyelenggara Pemilu, tim survey, tim quick qount (penghitungan cepat), pemantau PEMILU atau peran tidak langsung sebagai pensosialisasi PEMILU kepada masyarakat dan relawan demokrasi,” ulas Dia.

Rolly mengatakan sejauh ini pihaknya sudah menggelar kegiatan organisasi yang bersifat internal ini.

Seperti seminar UMKM & Empowering Women, vaksinasi Covid-19, bazar murah minyak goreng, kunjungan silaturahmi ke berbagai lembaga pemerintahan maupun non pemerintah dan kegiatan lainnya.

“Harapan kami, Pemuda Katolik Komcab Dumai hadir sebagai wadah pemberdayaan kader sebelum nantinya terjun ke tengah masyarakat. Dan dalam waktu dekat, kami merencanakan akan menggelar Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) serta Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD). Semoga bisa terealisasikan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Ulang Tahun Gua Maria Kerep Ambarawa, Pemuda Katolik Tandu Arca Maria

Pemudakatolik.or.id - Ormas Pemuda Katolik yang dikenal berkiprah pada misi-misi ad-extra (Misi Keluar Gereja) harus juga memiliki akar identitas...
spot_img

More Articles Like This