Sunday, November 27, 2022

Pemuda Katolik Jakarta Barat Ikuti Rapat Koordinasi Forkopimko

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta – Selasa, 27 September 2022, Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Barat yang diwakili oleh Mora Silalahi selaku Wakil Ketua Bidang OKK dan Nando Woghe selaku Wakil Ketua Bidang Sosial Masyarakat dan HAAK menghadiri Kegiatan Koordinasi Dalam Rangka Persiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024 bersama Forkopimko (Forum Koordinasi Pimpinan Kota) Jakarta Barat.

Kegiatan tersebut sendiri dihadiri oleh beberapa elemen pimpinan di Wilayah Administrasi Jakarta Barat, seperti Walikota Administrasi Jakarta Barat, Kapolres Jakarta Barat, Komandan Kodim 0503 Jakarta Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Ketua KPU Jakarta Barat, Ketua Bawaslu Jakarta Barat, FKDM, FKUB, FPK, LMK, Karang Taruna, dan beberapa Organisasi Kemasyarakatan serta OKP di wilayah Administrasi Jakarta Barat.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Walikota Jakarta Barat yang diwakilkan oleh Sekertaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah. Dalam sambutannya, Iin Mutmainah menjelaskan, bahwa “edukasi yang tepat harus diberikan kepada para pemilih terutama kepada para pemilih pemula yang juga merupakan target potensial di wilayah administrasi Jakarta Barat”. Beliau melihat bahwa ada presentase pemilih yang menurun dari beberapa tahun terakhir di wilayah Jakarta Barat. Untuk itu, perlu adanya mitigasi risiko penurunan pemilih dan secara khusus kepada pemilih pemula dalam pemilu serentak tahun 2024 nanti.

Dalam hal kondusifitas, Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Pasma Royce dan Dandim 0503 Jakarta Barat, Letkol (Kav) I Made Maha Yudhiksa menegaskan bahwa kondusifitas di wilayah administrasi Jakarta Barat merupakan tugas bersama elemen pimpinan dan masyarakat Jakarta Barat. “Dan, untuk saat ini, kondusifitas di wilayah administrasi Jakarta Barat dalam keadaan baik dan akan terus ditingkatkan dalam rangka persiapan dan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024”, ujar Kapolres Jakarta Barat. Selain itu, bersama 3 pilar wilayah administrasi Jakarta Barat, Walikota, Polres, dan Kodim selalu berdiskusi untuk menjaga wilayah dan kondusifitas dengan baik di wilayah administrasi Jakarta Barat.

Selain itu, dari unsur Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, yang dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Iwan Ginting dan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang diwakilkan oleh Wakil Ketua, A. Bondan, S.H., M.H. menyatakan kesiapan dan dukungan dalam rangka persiapan dan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024. Kemudian, sebagai penyelenggara dan pengawas pemilu yaitu, KPU dan Bawaslu Jakarta Barat pun menegaskan beberapa hal terkait penyelenggaraan pemilu. Adapun menurut Ketua KPU Jakarta Barat, Cucum Sumardi, pemerintah setempat harus memfasilitasi sarana dan prasarana terkait penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024. Dan, diharapkan kepada elemen organisasi kemasyarakatan dan OKP di wilayah administrasi Jakarta Barat dapat berpartisipasi menjadi Tim Ad-Hoc (Pengawas) di beberapa tingkat wilayah. Hal tersebut bertujuan untuk pengawasan pemilu yang lebih baik. Sementara itu, Ketus Bawaslu Jakarta Barat, Oding Junaidi menerangkan bahwa ada sekitar 500.000 lebih remaja di wilayah administrasi Jakarta Barat yang merupakan pemilih pemula. “Pemilih pemula tersebut merupakan pemilih potensial yang mana mereka jangan sampai hanya menjadi objek dari partai politik saja. Pembinaan politik bagi pemilih pemula tersebut sangat penting untuk dilaksanakan”, ujar Ketua Bawaslu Jakarta Barat.
Kami memandang kegiatan ini perlu untuk terus dilakukan dalam upaya mensinergikan kegiatan atau program pemerintah dengan masyarakat. Dalam hal ini, masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Barat juga perlu turut andil dalam berbagai kegiatan yang di adakan di wilayah Jakarta Barat.*

Laporan : Bid Media Komunikasi PK Jakbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This