Monday, September 26, 2022

Lindungi Pekerja Migran, BP2MI Teken MoU dengan Pengurus Pusat Pemuda Katolik

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) berkolaborasi dengan Pemuda Katolik dalam rangka memberikan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Komitmen ditandai dengan penandatanganan MoU antara Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma dengan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani di Aula Command Centre BP2MI, Kamis, (17/7/2022).

Penandatanganan Nota Kesepahaman dihadiri langsung Kepala BP2MI, Benny Rhamdani didampingi jajaran pimpinan tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BP2MI, serta Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma beserta jajaran Kepengurusan.

Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma bersama Kepala BP2MI Benny Rhamdani sesaat setelah penandatanganan MoU/Dok, PK

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatanganan MoU yang dilakukan dengan Pengurus Pusat Pemuda Katolik merupakan rangkaian Kerjasama yang memakan proses cukup Panjang.

“Ini adalah sebuah sejarah, sejak BP2MI secara intensif melakukan diseminasi dan sosialisasi, Pemuda Katolik menjadi organisasi Pemuda pertama yang melakukan kerjasama melalui penandatanganan MoU dengan BP2MI,” ungkap Benny diikuti tepuk tangan para tamu.

Benny menjelaskan bahwa selama ini kabar mengenai jasa dan sumbangsih para PMI kurang terpublikasikan, sehingga PMI masih dianggap sebagai pekerjaan rendah dan menjadi sumber masalah.

“Kontribusi 159,6 Triliun tiap tahun dalam bentuk remitan telah disumbangkan para PMI, para pejuang devisa. Sumbangan ini adalah yang terbesar kedua setelah sektor Migas, bahkan di atas sumbangan sektor pariwisata. Kontribusi inilah yang selalu saya sampaikan dalam forum-forum pertemuan, sejak saya dilantik Presiden. Satu hal lagi, arahan presiden sangat jelas, lindungi PMI dari ujung rambut sampai ujung kaki. Saya menjamin itu bukan retorika Presiden, namun wujud dari keberpihakan dan ideologis pemimpin,” tegas Benny di ruang Command Center BP2MI, Kamis (14/7/2022).

Kepada jajaran Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Benny berpesan, untuk menindaklanjuti Kerjasama dengan memberikan dampak positif terhadap pelindungan PMI secara komperhensif.

“Teman-teman silahkan lakukan pemetaan di lima besar kantong PMI yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan NTB. NTT meskipun ada di 6 besar, secara spesifik membutuhkan penanganan khusus. Pada tahun 2023 saya perhatian melalui Sosialisasi pencegahan serta peluang penempatan akan disana. Saya berharap Pemuda Katolik dapat memberikan perannya di sana,” tutur Benny.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma mengatakan pihaknya merasa tersanjung atas terlaksananya Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BP2MI. Ia berujar bahwa pihaknya telah melakukan kajian terkait kebijakan yang telah dikeluarkan BP2MI.

“Kiprah dan langkah-langkah yang diambil BP2MI, kami baru melihat secara langsung bagaimana bentuk perlakukan sebuah Lembaga negara kepada Pekerja Migran yang notabene merupakan pahlawan Devisa. Kami sepakat, PMI tidak boleh dianggap sebagai sektor sekunder namun harus dihargai,” kata Stefanus.

Stefanus Asat Gusma Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik memberi sambutan di Command Center BP2MI/Dok. PK

Lebih lanjut, Stefanus menjelaskan bahwa Pemuda Katolik telah menetapkan isu besar yang ditetapkan sebagai fokus organisasi Pemuda Katolik, salah satunya adalah isu Pekerja Migran.

“Dalam Kongres dan Rakernas Pemuda Katolik kami telah menetapkan, disamping masalah lingkungan hidup, isu pekerja migran menjadi isu strategis secara nasional dan kami berkomitmen bahwa ini akan menjadi pilot project kami. Gereja juga telah mendukung kita untuk fokus terhadap terhadap isu Pekerja Migran, bukan hanya sosialisasi namun juga untuk mengawal dan mengadvokasi kasus-kasus yang dialami Pekerja Migran Indonesia,” ungkap Stefanus.

Pengurus Pusat Pemuda Katolik, lanjut Stefanus akan mengkonsolidasikan Pemuda Katolik di Wilayah-wilayah untuk dapat menjalin koordinasi dengan BP3MI yang tersebar di Seluruh Indonesia.

“Kami akan memerintahkan Struktur kami di daerah untuk segera membangun komunikasi dengan Struktur BP3MI di Wilayah, supaya sinergitas kerja segera berjalan. Menyinggung terkait keterbatasan anggaran BP2MI, kami bersama jejaring Pemuda lintas Agama akan berupaya mendorong peningkatan alokasi anggaran BP2MI, karena keberpihakan negara atas isu pelindungan PMI harus ditunjukkan melalui anggaran,” tutup Stefanus.

Sebelum dilakukan penadatanganan MoU, BP2MI menunjuk Flores Timur (Flotim) sebagai Pilot Project awal karena Flotim merupakan lumbung PMI Ilegal di NTT, diawali dengan Penandatangan Perjanjian Komitmen Bersama Antara Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Asia dan Afrika, Agustinus Gatot Hermawan dengan Ketua Pemuda Katolik Komda NTT, Agustinus Payong Boli, SH, di Aula Setda Pemda Flotim, Kamis, 19 Mei 2022.

Lalu dilakukan Workshop Kolaborasi BP2MI dengan Pemuda Katolik di Rakernas Pemuda Katolik 2022 di Manado pada tanggal 26-29 Mei 2022. Usai pemaparan dilakukan Penandatangan Komitmen Bersama antara BP2MI oleh Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, Lasro Simbolon, dengan Pengurus Pusat Pemuda Katolik oleh Sekretaris Jenderal, Johanes SM Sitohang.

Mengenai penandatangan MoU ini, menurut Pengurus Pusat Pemuda Katolik Anton Mahemba mengatakan “Kerja sama ini merupakan wujud nyata keterlibatan Pemuda Katolik untuk hadir di pusat-pusat persolaan sosial. Sesuai konsepsi Pemuda Katolik menegakkan keadilan yang berpihak pada kaum yang lemah dan tertindas.”

Anton juga menjelaskan bahwa kolaborasi antara Pemuda Katolik dan BP2MI meliputi Sinergi dalam pemberantasan sindikasi penempatan ilegal Pekerja Migran Indonesia, sosialisasi penempatan dan Calon Pekerja Migran Indonesia/Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya di seluruh wilayah Republik Indonesia, penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan keterampilan berbasis kompetensi dan kajian dalam rangka penguatan pelindungan Pekerja Migran Indonesia.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This