Tuesday, August 16, 2022

Audiensi ke KPU Tana Toraja, Berikut Poin-poin yang Disoroti Pemuda Katolik

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Toraja – Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tana Toraja melakukan kunjungan audiensi ke kantor KPU Tana Toraja dan diterima langsung oleh Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa didampingi komisioner KPU lainnya dan sekretaris KPU Rabu (13/7/22).

Dalam kunjungannya, Pengurus Pemuda Katolik Tana Toraja yang di wakili oleh Joni Matalangi selaku ketua, bersama dengan beberapa pengurus lainnya, ketua bidang serta biro Politik & Pemerintahan, ketua bidang pemberdayaan Perempuan, wakil sekretaris serta biro politik dan pemerintahan.

Joni Matalangi selaku ketua Pemuda Katolik Tana Toraja menyampaikan Terimakasih kepada pihak KPU khususnya Ketua dan seluruh pihak yang bersedia menerima permohonan audiensi Pembuda Katolik Tana Toraja.

Lebih lanjut, Joni menyampaikan dalam konteks menuju pemilu serentak 2024 Pemuda Katolik menyampaikan beberapa poin yang dianggap krusial. Pemuda Katolik memandang bahwa pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat yang dihadirkan sebagai instrumen untuk memastikan adanya transisi dan rotasi kekuasaan berjalan secara demokratis.

“Pemilu juga sebagai sarana kontrol publik untuk mendorong akuntabilitas dan kontrol publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan negara”, ungap Joni.

Beberapa kondisi aktual menuju Pemilu dan Pilkada tahun 2024 diantaranya ancaman ideologi yang mengganggu Pancasila, potensi gangguan stabilitas politik (politisasi agama, politik uang, hoaks dan ujaran kebencian dan kondisi ekonomi yang belum stabil dikarenakan pandemi Covid.

Maka dari itu Pemuda Katolik berkomitmen untuk mengambil bagian dalam proses menuju tahun politik baik Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dan sejumlah hal yang kiranya ke depan perlu disikapi dan menjadi fokus program Pemuda Katolik adalah sebagai berikut:

  • Melakukan konsolidasi partisipasi kader di seluruh Indonesia dalam mewujudkan Pemilu dan Pemilihan 2024 yang berintegritas dan bermartabat.
  • Mendorong peningkatan literasi politik dan kepemiluan kepada masyarakat
  • Mendukung penyelenggara pemilu untuk bekerja secara baik dan profesional dan siap berkolaborasi dengan Bawaslu di berbagai tingkatan.
  • Mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut serta menciptakan situasi dan kondisi aman dan damai baik menjelang, selama dan paska Pemilu dan Pemilihan 2024.

Pemuda Katolik terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif sebagai upaya menggugah kesadaran masyarakat dalam mencegah terjadinya kerawanan pemilu di daerahnya masing masing.

Sementara itu, Yulianus selaku Kabid Politik & Pemerintahan menyampaikan bahwa selain sebagai instruksi Pengurus Pusat serentak bergerak Pemuda Katolik menginisiasi adanya Lembaga Pemantau Pemilu Pemuda Katolik secara Nasional mencakupi wilayah pemantauan di seluruh Indonesia dengan melibatkan Pengurus Komisariat Daerah dan Pengurus Komisariat Cabang sehingga kedepan sangat dimungkinkan ada kerjasama dari kedua lembaga ini yakin KPU & Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tana Toraja berupa MoU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Ulang Tahun Gua Maria Kerep Ambarawa, Pemuda Katolik Tandu Arca Maria

Pemudakatolik.or.id - Ormas Pemuda Katolik yang dikenal berkiprah pada misi-misi ad-extra (Misi Keluar Gereja) harus juga memiliki akar identitas...
spot_img

More Articles Like This