Saturday, April 13, 2024

Kolaborasi Pemuda Katolik dengan GoTo gelar Pra Kick Off Petra Preunership

Must Read

Pemudakatokik.or.id, Medan – Dalam rangka mengembangkan kewirausahaan kader menuju kemandirian organisasi, Pengurus Pusat Pemuda Katolik berkolaborasi dengan Gojek Tokopedia (GoTo) dengan menggelar Pra Kick-Off Gerakan Nasional Kewirausahaan Pemuda & Pemberdayaan UMKM (Petra Preunership) di Gedung Chatolic Center, Medan, Sumatera Utara, Sabtu, (25/2/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sumatera Utara.

Pra Kick-Off ini dihadiri perwakilan dari GoTo Okky Barus selaku Founder dan Creative Thinker GMP Creative Consulting. Dalam paparannya Gojek Tokopedia memperkokoh komitmennya kepada Pemuda Katolik untuk mendorong UMKM agar semakin berdaya dan berjaya lewat Gerakan Nasional ini.

Gerakan ini dimulai dari daerah dengan pembukaan program ini di Sumatera Utara yang terdiri dari inisiatif lengkap dan holistik supaya produk UMKM menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Inisiatif ini melibatkan UMKM, konsumen, dan para kader pengusaha muda.

Okky Barus mengatakan, hingga saat ini, GoTo telah menjadi pilihan para pelaku UMKM untuk go-digital dengan lebih dari 4 juta UMKM baru yang bergabung di Gojek, Tokopedia selama pandemi dan pasca pandemi ini.

Sementara itu dalam sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma mendorong upaya gerakan ini untuk seluruh daerah secara nasional.

Gusma menambahkan, kegiatan ini tidak lain untuk mengembangkan digital talent para kader pemuda Katolik sehingga terciptanya sebuah ekosistem bisnis dari pusat hingga daerah.

“Untuk mencapai tujuan itu, Pemuda Katolik menyadari perlu sinergitas dengan berbagai instansi dan pelaku UMKM salah satunya GoTo agar melahirkan bisnis talent Pemuda Katolik di era digital,” ujarnya.

Sebutnya lagi agar memperkuat ekosistem organisasi dalam konteks unit kerja bisnis dan incubator bisnis. Hal ini sejalan dengan program Pengurus Pusat Pemuda Katolik dalam rangka upgrading clustering kader yang bergerak di bidang ekonomi kreatif dan penguatan unit kerja bisnis.

Adapun kerja sama Pemuda Katolik dengan GoTo dalam bidang Bidang pengembangan Kewirausahaan Pemuda dan Pemberdayaan UMKM dengan memberikan pelatihan, pendampingan hingga onboarding di tingkat Komisariat Daerah (Provinsi), Komisariat Cabang (Kabupaten/Kota), Komisariat Anak Cabang (Kecamatan) hingga Ranting (Kelurahan/Desa) serta dukungan pada kegiatan Nasional.

Dengan harapan kegiatan ini membentuk kader Petra Preneurship Pemuda Katolik yang mengembangkan, melatih, dan melakukan wirausaha yang dikemas dalam berbagai pelatihan, incubator bisnis, pengembangan jejaring, ekosistem wirausaha dan lainya kepada kader dalam menjawab tantangan ekonomi bangsa termasuk kemandirian organisasi itu sendiri.

Fokus gerakan didasari fakta bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, yang harus terus diperkuat supaya bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dan mampu bersaing dengan brand global.

Kegiatan ini dihadiri langsung Ketua Umum Pemuda Katolik, didampingi Sekretaris Jenderal, Johanes SM Sitohang dan Bondan Wicaksono dari Pengurus Pusat.

Usai kegiatan Pra Kick-Off ini Pemuda Katolik dengan GoTo akan menandatangani Nota Kesepahaman sekaligus kick-off di jakarta pada pertengahan Maret ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Apresiasi Kehadiran Wali Kota Binjai Saat Perayaan Paskah

Pemudakatolik.or.id, Binjai - Dalam rangka meningkatkan toleransi antar umat beragama di Kota Binjai, Wali Kota Binjai hadiri perayaan Paskah....
spot_img

More Articles Like This