Wednesday, May 29, 2024

Dirangkai dengan Rakercab, Pemuda Katolik Komcab Kota Tangerang Gelar Sosialisasi Pemilu Tahun 2024

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Kota Tangerang– Dalam rangka menindaklanjuti hasil audiensi Pemuda Katolik Komcab Kota Tangerang dengan KPU Kota Tangerang pada tanggal 4 Oktober 2023 lalu , Pemuda Katolik Komisariat Cabang (KOMCAB) Kota Tangerang menggelar Seminar Kepemiluan bertema “Partisipasi Umat Katolik Dalam Mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024″ di Aula Santa Maria, Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, Minggu (29/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri narasumber di antaranya Ahmad Syailendra Ketua KPU Kota Tangerang, Lucius Karus Penelitian FORMAPPI, Pastor Yosef Andi Purwono, SJ Romo Moderator HAAK Paroki Tangerang dan sebagai moderator oleh Pietro Grassio Eko Yulio, S.H Ketua Bidang Politik dan Kepemiluan Pemuda Katolik Komcab Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra menyampaikan beberapa hal yang menjadi bagian dari peran umat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang antara lain partisipasi umat dalam penyelenggaraan pemilu 2024 dengan turut bagian dari penyelenggara Pemilu baik di tingkat Kota, kecamatan maupun tingkat kelurahan.

Narasumber Seminar Kepemiluan Komcab Tangerang

Sedangkan itu Peneliti FORMAPPI, Lucius Karus turut mengajak para umat katolik untuk mengkampanyekan berbagai hal “Saya mengajak para umat agar dapat mengkampanyekan tolak politik uang, tidak menyebarkan hoax dan isu SARA, agar Pemilu dapat berkualitas serta menyuarakan agar datang ke TPS untuk memberikan hak suara mereka dalam pada pemilihan serentak Tahun 2024 mendatang”, katanya.

Pastor Yosef Andi Purwono, SJ selaku Moderator HAAK Paroki Tangerang menyampaikan bahwa umat Katolik harus berani ikut berperan dan terlibat dalam politik karena sesuai yang tertulis di Konsili Vatikan II dalam dekrit kerasulan awam “Gereja Katolik melihat politik sebagai sesuatu yang baik, mutlak perlu bagi manusia dan berpijak pada kemanusiaan untuk kebaikan umum. Dengan demikian, seorang beriman Katolik dituntut untuk tetap setia menjadi seorang warga negara yang baik dengan tidak mengabaikan politik”.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Tangerang, Adhitya Dinardo bahwa peran aktif umat Katolik khususnya pemuda akan sangat membantu kesuksesan penyelenggaran Pemilu 2024 mendatang. Ia menyebutkan bagaimana agar pemuda terlibat aktif dalam mengawasi dan berpartisipasi jalannya Pemilu sehingga meminimalisir adanya dugaan sengketa Pemilu itu sendiri.

Acara ini turut dihadiri oleh HAAK Paroki Tangerang Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, Perwakilan HAAK Paroki Pinang Gereja Santa Bernadet, beberapa perwakilan umat serta para suster Gereja Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Simak Pesan Uskup Agung Palembang untuk Pemuda Katolik Bengkulu

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Pada Minggu, 26 Mei 2024, Pemuda Katolik Bengkulu mendapat kesempatan berharga untuk beraudiensi dengan Uskup Agung...
spot_img

More Articles Like This