Monday, May 29, 2023

Yoseph Metodius Baru, Pimpin Pemuda Katolik Komda Papua Barat Daya Periode 2023-2026

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Sorong – Pengurus Caretaker Pemuda Katolik Komda Papua Barat Daya menyelenggarakan Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) I pada Sabtu, (29/4/2023) di Aula Rex Mundi Paroki Katedral Kristus Raja Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Dalam laporan dan sambutannya Ketua Caretaker Pemuda Katolik, Yoseph Metodius Baru menyampaikan terimakasih bahwa tim caretaker telah melakukan proses konsolidasi pasca diberikan mandat dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

” Kami sudah mempersiapkan agenda Muskomda I ini selama satu bulan lebih dan hari ini berkat dukungan dari berbagai pihak sehingga kita bisa menyelenggarakan kegiatan ini, Ujar Meto”.

Selanjutnya dalam sambutan Ketua Pemuda Katolik Komda Papua Barat Ibu Yustina Ogoney yang diwakilkan Paul Baru menyampaikan bahwa sebagai Komda induk kami terus melakukan pendampingan dan support kepada teman-teman Pengurus Caretaker Komda Papua Barat Daya yang menjadi tanggung jawab bersama dalam mengembangkan roda organisasi di seluruh tanah Papua, imbuh Paul yang juga sebagai Sekretaris Pengurus Pemuda Katolik Komda Papua Barat”.

Wasekjen Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Melkianus Da Costa Pires menjelaskan bahwa Muskomda merupakan salah satu forum demokrasi tertinggi di tingkatan Komda (Provinsi) yang mana memiliki beberapa agenda dapat dijalankan selama satu periode ke depan dan juga secara bersama sama akan menentukan siapa yang layak untuk memimpin roda organisasi ini selama satu periode. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali untuk satu periode kepengurusan.

Selain itu, Pires mengharapkan agar Muskomda I Pemuda Katolik Komda Papua Barat Daya dapat turut ambil bagian dalam program pemerintahan untuk mendorong potensi-potensi pemuda di tanah Papua secara menyeluruh, tambah Pires.

Mewakili keuskupan Manokwari- Sorong, Pastor Izak Bame yang sekaligus pastor Moderator Pemuda Katolik Komda Papua Barat berpesan agar proses Muskomda ini dapat berjalan dengan baik karena ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan Pemuda Katolik di wilayah Papua Barat Daya.

” Siapun yang terpilih nanti harapannya agar mampu membangun hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder pemerintah dan hirarki serta turut aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan serta memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap tugas yang dijalankan, pesan Izak”.

Kepala kesbangpol, Yusup Homer membacakan sambutan Dr. Drs Muhammad Musa’ad, M.Si selaku Pj. Gubernur Papua Barat Daya, mengajak kaum muda untuk terlibat aktif dalam sosial kemasyarakatan dan bekerjasama dengan berbagai stakeholder pemerintahan serta organisasi kepemudaan lainnya
Kegiatan ini kemudian dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan Tifa.

Forum Sidang Muskomda Pertama di Provinsi Papua Barat Daya ini, dilaksanakan melalui mekanisme Voting Tertutup. Pemungutan suara berjalan dalam dua putaran pemungutan suara dengan total 7 hak suara, pada putaran pertama Pieter Jefri Baru, S.STP yang juga sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Sorong Periode 2022-2025 mendapatkan dukungan 3 suara, Saudara Yoseph Metodius Baru yang sebelumnya mengemban tugas sebagai ketua Caretaker Komda Papua Barat Daya mendapatkan dukungan 3 suara, dan Saudari Martha Yulita Yewen yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Bendahara Caretaker Komda Papua Barat Daya mendapatkan dukungan 1 suara. Pada putaran kedua pemungutan suara dengan mekanisme voting tertutup akhirnya terpilih saudara Yoseph Metodius Baru dengan perolehan 4 suara.

Selanjutnya Pimpinan Sidang menetapkan saudara Yoseph Metodius Baru sebagai Ketua Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua Barat Daya Periode 2023-2026, dan untuk selanjutnya bersama-sama dengan tim formatur akan menyusun struktur susunan pengurus utk periode 2023-2026.

Turut hadir dalam Muskomda ini dari berbagai unsur baik pemerintah, perwakilan organisasi kepemudaan, GP. Ansor Kota Sorong,DPD GMNI Tanah Papua, PMKRI GMNI, GAMKI, Fopera, KNPI Tambrau, Para senior Pemuda Katolik dan Ketua-ketua Komcab Se-Papua Barat Daya dan beberapa OMK Paroki Katedral Kristus Raja Sorong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Resmi Dilantik, Pengurus Pemuda Katolik Cianjur Siapkan Diri Tuan Rumah KKM 2023

Pemudakatolik.or.id, Cianjur - Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat resmi lantik Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten...
spot_img

More Articles Like This