Sunday, June 16, 2024

Sah Terbentuk Pemuda Katolik Sulawesi Barat dengan 4 Komisariat Cabang

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Mamuju, Sulawesi Barat – Konsolidasi organisasi Pemuda Katolik di Sulawesi Barat selama delapan bulan, telah menghasilkan milestone “reborn and grow further” dengan terlaksananya Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) I Pemuda Katolik Sulawesi Barat, Minggu (26/11).

Baca juga: Pemuda Katolik Sulawesi Barat Siap Dibentuk, Simak Harapan Mgr. John Liku Ada

Caretaker Pemuda Katolik Komsiariat Daerah (Komda) Sulawesi Barat setelah menerima SK Caretaker dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik pada bulan Maret 2023 terus melakukan sosialisasi dan konsolidasi ke seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Barat selama kurang lebih delapan bulan, kini Pemuda Katolik Komda Sulawesi Barat telah memiliki 4 Komisariat Cabang di antaranya Komcab Mamasa, Mamuju Tengah dan Mamuju.

Agenda Konsolidasi di Sulawesi Barat ini mengusung tema besar Konsolidasi Organisasi dalam Bingkai Kebersamaan Mewujudkan Pemuda Katolik di Sulawesi Barat yang lebih Bermartabat.

Agenda konsolidasi ini digelar secara serangkaian dari Sosialisi ke Orang Muda Katolik (OMK) dilanjutkan dengan Mapenta (Masa Penerimaan Anggota) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab).

Dalam pembukaan Muskomda I Pemuda Katolik Komda Sulawesi Barat, Pastor Vikep Sulawesi Barat memberi dukungan penuh terhadap agenda konsolidasi ini. “Kami mendukung adanya Pemuda Katolik di wilayah kevikepan Sulawesi Barat, agar para orang Muda Katolik mengaktualisasikan diri bagi masyarakat secara meluas…”, Ujar Vikep Sulawesi Barat.

Baca juga: On Progress, Sekjen PP Pemuda Katolik Keluarkan SK Caretaker Sulawesi Barat

Sidang Muskomda I Pemuda Katolik Sulawesi Barat, Minggu (26/11)

Selanjutnya Pembimas Katolik Sulawesi, Petrus Tandilong sangat berharap agar Pemuda Katolik secara definitif mulai terbentuk di seluruh wilayah kabupaten, Sulawesi Barat. “Dengan agenda konsolidasi yang dilakukan oleh teman-teman Pemuda Katolik dapat melahirkan kader-kader muda dari Gereja Katolik yang tidak lagi bergerak di kelompok kategorial saja tetapi keluar untuk berbaur dengan teman-teman pemuda lintas agama serta berkolaborasi dengan pemerintah dalam mewujudkan program-program yang dapat memberi kesejahteraan kepada masyarkat di Sulawesi Barat…”, tutur Petrus.

Melkianus Da Costa Pires, ketua caretaker menyampaikan semangat yang dimulai oleh teman-teman Pemuda Katolik di Sulawesi Barat yang akan terus membangun konsolidasi dan melakukan pengkaderkan bagi orang-orang muda. “Saatnya para orang muda katolik untuk turut ambil bagian dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Sulawesi Barat…” ujar Pirez.

Kemudain Pirez menegaskan bahwa “Pemuda Katolik Sulawesi Barat akan tumbuh pesat apabila kader-kadernya berperan aktif dalam setiap kegiatan kemasyaraktan baik dari instansi pemerintah maupun gereja”.

Dalam Sosialisasi dan Konsolidasi sebelumnya telah terpilih beberapa ketua Cabang diantaranya Miller, S.H sebagai ketua Komcab Mamasa, Ardrianus Weki, S.Kom Ketua Komcab Mamuju Tengah dan Herry Febryanto, S.T Ketua Komcab Mamuju.

Dalam agenda Muskomda pada Minggu, 26 November 2023 telah terpilih secara musyawarah Mufakat Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sulawesi Barat Periode 2023-2026, Octovianus Pararuk Galampo, S.T.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Dampingi Hirarki Gereja Katolik Tarakan Audiensi ke Kemenag

Pemudakatolik.or.id, Tarakan - Pemuda Katolik Tarakan bersama Hirarki Gereja Katolik di Tarakan mengadakan audiensi dengan Kantor Kementerian Agama Kota...
spot_img

More Articles Like This