Wednesday, July 17, 2024

Pemuda Katolik Sulawesi Barat Siap Dibentuk, Simak Harapan Mgr. John Liku Ada’

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Makassar – Pengurus Pusat Pemuda Katolik dan Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Selatan bertemu Uskup Agung Makassar, Mgr. John Liku Ada’ di Kantor Keuskupan Agung Makassar (KAMS), Kamis, (23/2/2023).

Dalam pertemuan ini, Uskup John liku Ada’  didampingi oleh Sekertaris Keuskupan KAMS, Pastor I made Markus Suma menyampaikan rasa bangga dan senang terkait rencana pembentukan Pemuda Katolik di Sulawesi Barat.

Sebutnya, Sulawesi Barat adalah salah satu wilayah strategis yang akan menjadi provinsi tetangga dengan IKN yang direncanakan akan pindah ke Kalimantan Timur.

“Kita sangat dengan keinginan membangun Pemuda Katolik di sana. Gereja perlu hadir disana khususnya lewat anak – anak muda selain Orang Muda Katolik dan  organisasi Pemuda Katolik sebab Gereja Katolik tidak hanya berjuang untuk dirinya sendiri tapi juga berjuang bersama sebagai wujud bonum commune (kesejahteraan bersama) selaras dengan semboyan Pro Ecclesia Et Patria, Pro Bono Publico,” ujar Mgr. John.

Selanjutnya, Bapak Uskup menegaskan, Gereja sudah membuktikan kepeduliannya bagi masyarakat saat gempa di Mamuju tahun 2021 melalui Caritas maka diperlukan Pemuda Katolik untuk lebih aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dengan mengajak  teman-teman OMK di Sulawesi Barat bergabung dengan Pemuda Katolik.

Dalam kesempatan yg sama Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang  diwakili oleh Wasekjen Bidang Organisasi dan Keanggotaan Melkianus Da Costa Pirez menyampaikan bahwa, “Pemuda Katolik saat ini sudah terbentuk secara definitif di 32 Propinsi dan 289 Komcab di seluruh Indonesia, Sulawesi Barat menjadi salah satu agenda konsolidasi untuk pembentukan Pemuda Katolik di sana,” tutur Pirez sapaan akrabnya.

Sebutnya lagi, “Kita perlu dukungan dari berbagai pihak baik hierarki (Gereja),  tokoh masyarakat Katolik maupun pemerintah untuk melaksanakan agenda ini dan juga membangun kerjasama dengan OKP lintas Iman yang ada di Sulawesi Barat, tutup Pirez.”

Ketua Pemuda Katolik Komda Sulawesi Selatan, Febrianto Pasila  yang mendampingi Pengurus Pusat tetap siap mengawal agenda Pembentukan Pemuda Katolik di Sulawesi Barat.

“Kita sebagai Komda pendamping mendukung agenda konsolidasi ini hingga dapat terbentuk Pemuda Katolik di sana,” ungkap Pance.

Turut hadir dalam agenda audiensi ini, Yohanis Boge Parinding (anggota Komcab Tana Toraja, Yoris Ratu Suba (Pengurus Komcab Kota Makasar), Neti Ratu (Wakil Bendahara Komda), Iyan Christian (Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Komda).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

22 Anggota Baru Ikuti Mapenta Pemuda Katolik Kaimana, Papua Barat

Pemudakatolik.or.id, Kaimana - Sebanyak 22 kader baru Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kaimana resmi dilantik oleh Ketua Petrus Jimmy...
spot_img

More Articles Like This