Wednesday, June 19, 2024

Pengurus Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Jayapura Serahkan Dokumen Organisasi ke Dispora Kabupaten Jayapura

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Sentani- Pengurus Pemuda Katolik Kabupaten Jayapura periode 2022-2025 menyerahkan sejumlah dokumen organisasi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (14/12/2023).

Dokumen organisasi Pemuda Katolik ini diserahkan langsung oleh Ketua Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Jayapura, Roberthus Yewen dan diterima secara langsung oleh Bidang Kepemudaan dan Kaderisasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura.

Yewen menjelaskan, dokumen organisasi yang diserahkan kepada Dispora Kabupaten Jayapura adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), SK Notaris Pendirian, SK Perkumpulan, SK Menkumham RI, dan NPWP milik Pemuda Katolik.

“Kami juga serahkan SK Kepengurusan Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Jayapura, Program Kerja yang sudah ditetapkan dalam Rapat Kerja (Raker) pada tanggal 31 Agustus 2023 dan dokumentasi program dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Pemuda Katolik Kabupaten Jayapura,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima suaramatyaf.com, Kamis siang.

Lebih lanjut Yewen mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menyerahkan dokumen yang serupa kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kabupaten Jayapura. Dokumen organisasi ini sebagai bagian dari legalitas dan keabsahan organisasi Pemuda Katolik di Indonesia, khususnya Kabupaten Jayapura.

Pemuda Katolik sendiri telah hadir pada bulan November 1945. Beberapa bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, kehadiran Pemuda Katolik di Kabupaten Jayapura sangat penting dalam rangka membangun kemitraan dengan semua pihak, terutama Pemda Kabupaten Jayapura, sehingga bersama-sama mengawal pembangunan daerah kedepannya.

“Kehadiran Pemuda Katolik di Kabupaten Jayapura ini, tentu menjadi salah satu organisasi kepemudaan yang memiliki berbagai program dan kegiatan, terutama pembinaan dan kaderisasi bagi pemuda Katolik yang ada di Kabupaten Jayapura,” ucap Yewen.

Peneliti Madya Papua Center (Pace) Universitas Indonesia ini membeberkan mengenai beberapa program yang sudah dilaksanakan, yaitu bedah buku tentang “Pendidikan Berpola Asrama” dan Pelatihan Menulis Esai. Kedua kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang berbeda-beda, yakni pada bulan Oktober dan November tahun 2023.

“Kami sudah laksanakan beberapa kegiatan. Kedepan kami tetap akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan pembinaan kepada para pemuda dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Jayapura,” beber Yewen.

Wakil Ketua Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora yang sudah menerima kehadiran Pemuda Katolik. Semoga kerja sama ini terus dilakukan kedepan dalam rangka pembinaan para pemuda yang ada di bumi Khenambay Umbay.

“Selaku Ketua Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Jayapura, saya mengucapkan terima kasih kepada Dispora Kabupaten Jayapura. Semoga kemitraan ini terus berjalan dan berlanjut, sehingga pembinaan terhadap para pemuda dapat dilakukan kedepannya,” ucap Alumnus Magister Sosiologi Universitas Cenderawasih ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This