Thursday, July 18, 2024

Pemuda Katolik Sumba Barat Daya Gelar Muskomcab, Tambah Energi Komda NTT

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Sumba Barat Daya – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sumba Barat Daya, Komisariat Daerah (Komda) NTT menggelar Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab), yang dilaksanakan di Aula Seruni, Gereja Katedral Weetabula, Sabtu, (01/4/2023).

Muskomcab diawali dengan Sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) lalu dilanjutkan dengan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) Komcab Sumba Barat Daya yang juga diikuti oleh Caretacer Komcab Sumba Barat dan Sumba Tengah.

Dalam Muskomcab ini, akhirnya Marianus Fergilus Lede Todo terpilih secara aklamasi, sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sumba Barat Daya Periode 2023-2026.

Marianus Fergilus Lede Todo sendiri merupakan Ketua Caretaker Komcab Sumba Barat Daya.

Pelaksanaan Mapenta dan Muskomcab Sumba Barat Daya dihadiri oleh Sekretaris Komda NTT Yuven Tukung dan Wakil Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan, Valentinus Kopong Masan.

Dalam kesempatan itu, Yuven Tukung menyampaikan selamat kepada Komcab Sumba Barat Daya yang telah menyelenggarakan Mapenta & Muskomcab, sekaligus menyampaikan proficiat atas terpilihnya Marianus Fergilus Lede Todo sebagai ketua Komcab Sumba Barat Daya.

Menurut Yuven Tukung ini momentum bersejarah tidak hanya bagi Komcab Sumba Barat Daya tetapi juga bagi perjalanan sejarah Pemuda Katolik Komda NTT.

“Sebagaimana diketahui secara bersama Pemuda Katolik sedaratan Sumba sekian lama vakum, ini kerinduan dan antusiasme orang muda tentang arti dan pentingnya kehadiran Pemuda Katolik di Sumba,” ujar Yuven Tukung.

“Sebab banyak hal yang harus menjadi perjuangan bersama di Sumba baik dari aspek pembangun soial politik dan ekonomi maupun isu yang paling krusial soal perdagangan orang yang kini telah menjadi bagian dari konsen Pemuda Katolik dengan bekerja sama dengan BP2MI. Terbentuknya Komcab dan terpilihnya ketua Komcab Sumba Barat Daya merupakan energi baru bagi Komda NTT, sebab saat ini bersamaan dengan momentum kita sedang melakukan konsolidasi orgnisasi di setiap kabupaten terutama daerah-daerah yang selama ini vakum dan mengalami kekosongan kepemimpinan organisasi,” lanjut Yuven Tukung.

Yuven juga menjelaskan bahwa saat ini Komda NTT tengah berbenah dengan melakukan konsolidasi di Komcab yang mengalami kevakuman.

“Kita telah mengutus Tim Carateker di berberapa Komcab di antaranya Ende, FLOTIM, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat, Sumba Tengah, TTU dan Malaka, jadi kami mengajak teman-teman orang muda untuk bergabung dengan pemuda katolik,” jelas Yuven.

“Melalui pemuda katolik kita berkolaborasi untuk membangun gereja dan tanah air sebagaimana amanat konstitusi Pemuda Katolik. Komda NTT mengucapakan terima kasih dukungan dari Pengurus Pusat, dukungan dari BP2MI, BP3MI NTT dan kepada hirarki Gereja Keuskupan Wetebula sehingga semua proses berjalan dengan lancar,” tutup Yuven Tukung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Sulteng Jejaki Kerjasama dengan Perwakilan Bursa Efek Indonesia

Pemudakatolik.or.id, Palu - Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (KOMDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perwakilan Bursa Efek...
spot_img

More Articles Like This