Monday, September 26, 2022

Pemuda Katolik Pesawaran Lampung Kompak Bersama Umat Katolik Serukan Buti-butir Pancasila

Must Read

Nusantaraaktual.com, Lampung – Puluhan kader Pemuda Katolik Komcab Pesawaran, Lampung, bersama umat Katolik di Stasi Muntilan, Pesawaran mempertegas keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara.

Hal itu dibuktikan dengan seruan pembacaan Pancasila yang dilakukan bersama di Aula Gereja Santa Maria, Muntilan, Bandar Lampung, Sabtu, (6/8/2022).

Setiap yang datang nampak dengan semangat menyerukan bunyi butir-butir Pancasila.

Dilakukan dalam rangka sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Pesawaran Antonius Jumangkir mengatakan harapan agar umat Katolik dapat menjadi pionir dalam menjaga keutuhan bangsa di lingkungan terdekat.

Kata dia, proses sosialisasi melibatkan tokoh dari lintas lembaga yang berkaitan.

“Pertama ada Anggota DPRD Lampung Watoni Noerdin. Kedua akademisi Universitas Lampung Hertanto dan Staff Khusus Kementrian Pertahanan Kantor Wilayah Lampung Sairul Basri,” kata dia.

Selanjutnya, Anggota DPRD Lampung Watoni Noerdin mengatakan masih besar potensi adanya penurunan rasa kebangsaan saat ini.

“Sebelumnya rasa bela negara bisa 92 persen angka indikatornya. Sementara penelitian terbaru menunjukan angka yang rendah, 67,6 persen,” kata dia.

Ia menyebut, banyak cara harus diantisipasi masyarakat agar angka penelitian tersebut tidak lagi tergerus.

Sumber ancaman yang melekat dalam penurunan rasa kebangsaan, kata dia besar peluang terjadi melalui teknologi, ekonomi, pendidikan dan informatika,”

“Kalau tidak diwaspadai menjadi permasalahan baru. Mudah-mudahan forum ini bisa membumikan Pancasila dan memberi pemahaman yang baik di sekitar kita,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This