Thursday, June 20, 2024

Pemuda Katolik Kota Binjai dan Kepala Paroki Silaturahmi Ke Wali Kota Binjai

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Binjai, – Pemuda Katolik Kota Binjai bersama Kepala Paroki Binjai mengadakan silaturahmi ke kantor Wali Kota Binjai di Jalan Sudirman No. 6, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Jumat, (22/12/2023)

Ketua Pemuda Katolik Kota Binjai, Sopian Daulai Nadeak menjelaskan, silaturahmi ini dilakukan dalam rangka mengucapakan terima kasih kepada Wali Kota Binjai, Drs. H. Amir Hamzah, M.AP karena kegiatan pasar murah untuk wilayah Binjai Timur yang dilaksanakan dihalaman Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Pertolongan Abadi Binjai pada Minggu 17 Desember 2023 berjalan lancar.

Sopian juga mengucapkan terima kasih karena semakin baiknya keharmonisan antar umat beragama, seperti adanya hiasan pada setiap Hari Besar Keagamaan disepanjang jalan Kota Binjai. “Ada hiasan ketupat pada Hari Besar Agama Islam, ada hiasan lampion pada Hari Besar Agama Budha dan ada pohon Natal serta pohon-pohon yang dihias lampu-lampu kecil dimana ada lampu berbentuk bintang diatas pohon tersebut,” ujar Sopian, seraya berharap keharmonisan antar umat beragama ini dapat terus berjalan ditahun-tahun berikutnya.

Pada kesempatan ini Pastor Hironimus Radjutuga, OCD Juga mengucapkan terima kasih atas dipilihnya lokasi kegiatan pasar murah dihalaman gereja Paroki Maria Bunda Pertolongan Abadi Binjai untuk wilayah Binjai Timur. Karena pasar murah ini sangat membantu umat yang akan menjalani hari besar Natal dan Tahun Baru, dimana dengan kegiatan Pasar Murah ini juga membuat toleransi antar umat beragama semakin baik. Karena pasar murah ini bukan hanya untuk yang beragama Katolik tetapi juga untuk saudara-saudara kita umat Islam, Kristen Protestan, Budha, Hindu, dan Khonghucu.

Pada kesempatan kali ini, Kepala Paroki Binjai menyampaikan bahwasanya Gereja Katolik di Kota Binjai ada 2 (dua) yaitu, Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Pertolongan Abadi Binjai dan Gereja Katolik Stasi Santo Petrus Janji Matogu.

Anggota Karmel Tak Berkasut ini tak lupa menyampaikan sedikit informasi soal Hierarki Gereja Katolik. Dimulai dari pimpinan tertinggi yaitu Bapa Suci Paus Fransiskus di Vatikan, Kardinal yaitu di Indonesia Mgr. Ignatius Suharyo, dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC dan para uskup lainnya termasuk Keuskupan Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap.

Pastor Roni, sapaannya sangat berterima kasih di kesibukan Bapak Wali Kota Binjai Bapak Drs. H. Amir Hamzah, M.AP masih menyempatkan waktu untuk Kami.

Sementara itu,  Amir Hamzah, yang didampingi Kepala Dinas Tenaga kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Naker Perindag) Drs. H. Hamdani Hasibuan dan Kepala Dinas Pariwisata, Ismail Ginting, S.Pd, M.AP. menyampaikan terima kasih kepada Pastor dan Pemuda Katolik atas kehadirannya.

Wali Kota Binjai menyampaikan Kota Binjai memiliki slogan “Kota Maju, Berbudaya dan Religius”. Dalam hal ini kota ‘maju’ mengartikan kota yang dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Gereja Katolik seperti  berkerja sama dengan Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Tenaga kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Naker Perindag) dalam melaksanakan pasar murah yang saat ini Disperindag.

Sama seperti selogan ‘religius’  Drs. H. Amir Hamzah, M.AP menyampaikan adanya kerja sama yang baik sesama kepala-kepala Dinas dan masyarakat. Mengenai hiasan hari besar keagamaan ini dilakukan oleh Dinas Pariwisata Bapak Ismail Ginting.

Diakhir pertemuan, Sopian menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wali Kota  Binjai karena dibantunya Guru-guru Sekolah Minggu dan membantu pendirian rumah-rumah ibadah Katolik. Kedepannya, Pemuda Katolik sebagai perpanjangan tangan Gereja Katolik ingin membuat kerja sama dengan Pemerintah Kota Binjai.

Hadir dalam silahturahmi ini Bapak Pardamean Simamora yang juga merupakan Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Tenaga kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kota Binjai. Bapak Madu Sinurat, Bapak Joni Efendi Sinurat yang merupakan Pengurus Gereja dan Pengurus Pemuda Katolik. Dari pihak paroki hadir Seksi Pendidikan, Kesehatan, Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK), Kerasulan Awam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This