Monday, September 26, 2022

Pemuda Katolik Komda Kepri Temui BKKBN Kepri, Ini Yang Dibicarakan

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Batam – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kepri Ibu Rohinah, MSi., menerima secara langsung audiensi Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau, Jumat (2/9).

“Gagasan besar Pemuda Katolik periode ini adalah “reborn and grow further”, ini adalah komitmen Pemuda Katolik dari Sabang sampai Merauke untuk lahir baru dengan persepsi pengelolaan dan paradigma yang baru agar kontribusinya dapat dirasakan masyarakat melalui berbagai bentuk kerja kolaboratif…” ujar Cosmas Eko, Sekertaris Pemuda Katolik Komda Kepri dalam pengenalan pembuka.

Lebih lanjut Cosmas menjelaskan Pemuda Katolik sebagai organisasi kesatuan Nasional pada bulan Mei 2022 telah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Manado. Salah satu bentuk nyata kontribusi Pemuda Katolik adalah membangun kerjasama kemitraan dengan BKKBN.

Ibu Rohinah, MSi., menyambut baik dan antusias inisiatif yang dilakukan Pemuda Katolik. “Tugas dan tanggungjawab kami di BKKBN amatlah berat, kami tidak mampu melakukannya sendiri demi Indonesia Emas tahun 2045 nanti, oleh karena itu kami menyambut dengan baik gagasan Pemuda Katolik untuk juga terlibat…” lanjut Kepala BKKBN Kepri yang baru saja dilantik pada bulan Mei yang lalu.

Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri Dr. Vandarones Purba, S.T., M.H., mempertegas komitmen kerja kolaboratif Pemuda Katolik seraya mengelaborasi berbagai bentuk kerjasama yang dapat dilakukan.

Suasana diskusi dalam audiensi Pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri dengan Kepala BKKBN Kepri dan jajarannya, Batam (2/9)

“Gereja Katolik mempunyai komitmen dalam kehidupan berkeluarga, Gereja mempersiapkan pasangan-pasangan sebelum memasuki bahtera perkawinan harus melalui kursus pra-nikah yang kami sebut Kursus Persiapan Perkawinan. Nah, kami juga memilki segmentasi pembinaan berjenjang yang jelas, mulai dari anak, remaja, orang muda, keluarga muda, sampai lansia. Saya pikir hal ini akan semakin baik jika dikolaborasikan dengan BKKBN yang secara kelembagaan memiliki visi mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas…” lanjut Vanda.

Lebih lanjut Atanasius Dula, SAP., Bendahara Pemuda Katolik Komda Kepri secara lebih detail menawarkan kegiatan-kegiatan konkrit yang bisa dikolaborasikan bersama antara BKKBN Provinsi Kepri dan Pemuda Katolik Komda Kepri, sesuai dengan Renstra BKKBN.

“Kami bisa secara regular mengumpulkan remaja, orang muda, keluarga-keluarga muda, siswa-siswa sekolah, untuk dapat diberikan edukasi, pelatihan, dan kegiatan lain yang sesuai dengan tupoksi BKKBN…” tambah Atan.

Diskusi dilanjutkan dengan brainstrorming beberapa kegiatan konkrit yang dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Dalam audiensi ini Kepala BKKBN Kepri didampingi sekretaris badan, Sitti Jamilah,SKM, MH, Sub Koordinator Penggerakan, Advokasi dan KIE: Sri Parwanti,S.Pd,MH, Sub Koordinator Pengendalian Kependudukan, Dina Mariana Sebayang ,SKM,MH.

Hadir juga pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri lainnya Evi Puspitosari, anggota Dewan Pakar, Roy Chardo Sitanggang, Kabid OKK, Nimrod Siahaan, Kabid Moderasi Beragama yang juga Ketua Pemuda Katolik Komcab Batam.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This