Thursday, July 18, 2024

Pemuda Katolik Komcab Jakarta Barat Sukses Gelar MAPENTA, Kesbangpol Turut Hadir

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta – Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Barat sukses menyelenggarakan salah satu agenda kerjanya yaitu Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) yang mengusung tema “Menjadi Kader Yang Berintegritas dan Tegas Dalam Berkarya Untuk Gereja dan Negara di Era Digital” yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Ali Sadikin, kantor Walikota Jakarta Barat, Minggu, 16 Oktober 2022.

Mora Silalahi selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyebutkan bahwa peserta yang hadir dalam Mapenta ini adalah 14 (empat belas) orang calon kader yang berasal dari berbagai kecamatan atau Paroki yang berada di wilayah Jakarta Barat. “Kegiatan Mapenta bertujuan memberikan bekal kepada para calon kader Pemuda Katolik di wilayah DKI Jakarta sehingga menjadi pemuda yang tegas dan mampu berkolaboratif dengan berbagai pihak lintas organisasi kepemudaan, kemasyarakataan dan keagamaan serta memiliki sikap solidaritas yg tinggi kepada masyarakat dan memiliki dayaguna yg dapat menghadirkan wajah Gereja Katolik di tengah masyarakat”, jelas Mora

Acara diawali oleh sambutan dari Johanes Hardi selaku ketua Komcab Jakbar, dalam sambutannya Johanes menyampaikan penting nya Mapenta sebagai proses awal dan dasar yang harus diikuti oleh seluruh calon kader atau anggota sebelum nantinya mengikuti kursud kaderisasi, Ia juga berharap dari Mapenta ini lahir kader-kader militan yang siap dan berani berkarya di tengah masyarakat dengan memiliki integritas dalam berpikir, berkata, berprilaku dan bertindak serta harus tegas menyikapi setiap hal yang ada mencontoh dari teladan Santo Pelindung Yohanes Berchmans. Kedepannya, pria yang biasa disapa Ko Joe ini berharap semoga Pemuda Katolik Komcab Jakarta Barat dapat segera bersinergi dengan baik dengan Pemerintah Daerah dan juga Gereja.

Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta Martinus Suwardi Mantro dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pentingnya calon kader untuk turut serta meniru sifat dan sikap yag dimiliki oleh para pemimpin yang dahulu. “Kita sebagai kader Pemuda Katolik sudah seharusnya meniru para Mantan Gubernur DKI Jakarta, salah satunya adalah Bapak Ali Sadikin, beliau mempunyai mimpi yang besar dimana mimpi tersebut tercapai dengan hasil kerja kerasnya” papar Martin. Di akhir sambutannya, ia menambahkan harapan agar Pemuda Katolik sebagai organisasi masyarakat turut memainkan peran dalam pembangunan masyarakat dengan menjadi inspirasi dan inisiator dengan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diusung oleh pemerintah demi mewujudkan DKI Jakarta sebagai kota kolaborasi.

Sementara itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat yang di wakili oleh Kasubbid Esbak Ibu Nur Zakiah dalam kesempatannya menyampaikan berbagai keuntungan yang didapat ketika berorganisai termasuk di Pemuda Katolik. “Bahwa dengan menjadi anggota Pemuda Katolik ada 3 (tiga) keuntungan yang didapatkan yaitu Networking, karena dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak di pemerintahan, di sector profesional maupun di ormas lain, kedua yaitu sikap leadership, pemuda katolik adalah organisasi kader dimana memiliki AD/ART yang jelas untuk pengembangan diri para kader, dan terakhir movement, para kader mendapat legitimasi untuk memulai dan membangun gerakan sosial di masyarakat”, tutur Bu Zakiah

Memasuki Masa Penerimaan Anggota diawali oleh pemaparan materi pertama yaitu Sejarah Gerakan dan Dasar Organisasi Pemuda Katolik oleh Sdr. Idaman Jaya Mendrofa, sedangkan Romo Adrianus Suyadi, SJ memaparkan tentang Pemuda Katolik sebagai Penggerak dalam Memuwujudkan Perjuangan gereja dan Negara.
Selanjutnya Dewan Pakar Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta, Sdr. Melkianus Da Costa Pirez menyampaikan Keterampilan Organisasi Pemuda Katolik.

Mapenta diakhiri dengan pelantikan anggota secara simbolik, dan pengambilan sumpah, janji anggota Pemuda Katolik, dan penyematan atribut Pemuda Katolik oleh Ketua Komisariat Cabang Jakarta Barat kepada seluruh peserta. Selanjutnya semua anggota siap diutus untuk melayani masyarakat, gereja dan negara dengan berpegang teguh pada semangat perjuangan Pro Ecclesia Et Patria, Pro Bono Publico.

Lap : Panitia Mapenta 2022 PK Jakbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Sulteng Jejaki Kerjasama dengan Perwakilan Bursa Efek Indonesia

Pemudakatolik.or.id, Palu - Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (KOMDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perwakilan Bursa Efek...
spot_img

More Articles Like This