Monday, September 26, 2022

Pemuda Katolik Kepri Sukses Definitifkan Komcab Bintan, Lambertus Menjadi Nahkoda

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Bintan – Demi kemajuan dan perkembang organisasi, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepri yang diketahui oleh Dr. Vandarones Purba, S.T., M.H. beserta jajaran pengurus lainnya terus mengembangkan sayap di 2 Kota dan 5 Kabupaten yang ada di Provinsi Kepri.

Hal itu terlihat dari berbagai kegiatan Musyawarah tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Kecamatan yang akhir-akhir ini terus dilakukan oleh jajaran pengurus Komda Kepri dalam mencari figur figur pemimpin di tubuh Pemuda Katolik dalam menjalankan program-program kerja organisasi itu sendiri.

Bersamaan dengan kegiatan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta), Musyawarah Komisariat Anak Cabang (Muskomac) yang dilanjutkan dengan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab), Pemuda Katolik Komcab Bintan menggelar rapat kerja organisasi di Aula Gereja Katolik Santo Cosmas Dan Damianus, Kijang, Kabupaten Bintan, Sabtu (17/9) kemarin.

Suasana Mapenta I Pemuda Katolik Bintan

Dalam sambutan pembukaan, tokoh umat Yosafat Ayoung menyampaikan apresiasi kepada seluruh kader Pemuda Katolik yang telah berpartisipasi menghadirkan Ormas Pemuda Katolik di Kabupaten Bintan.

“Terimakasih buat adik-adik sekalian yang telah memberikan waktu, pikiran dan materi dalam pembentukan kepengurusan Pemuda Katolik di Kabupaten Bintan yang kita cintai ini, semoga kita dapat berkolaborasi dengan Ormas lain dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta menjalin hubungan kerjasama dengan Institusi TNI-Polri,” ujar Yosafat.

Pada kesempatan yang sama, Harjomen Limbong mewakili Karateker Komcab Bintan ikut memberikan atensi dan penegasan kepada seluruh peserta Mapenta, “Satu hal yang perlu dicatat, peran penting ormas Pemuda Katolik adalah membawa wajah Gereja ke tengah dunia, secara umum di tengah-tengah masyarakat sekitar, khususnya bagi umat Katolik,” tegasnya.

Didapuk untuk membuka secara resmi kegiatan mandatoris organisasi ini, Atanasius Dula, S.A.P menyampaikan agar Pemuda Katolik Komcab Bintan harus menjadikan ormas Pemuda Katolik sebagai wadah untuk mengasah karakter kepemimpinan.

“Membangun kemitraan dengan ormas-ormas keagamaan lainnya serta merawat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan dalam menjaga keharmonisan kebangsaan di Kabupaten Bintan,” ucap Atanasius Dula yang akrab disapa bung Atan.

Acara yang dimulai sejak pukul 18.00 WIB itu diawali dengan kegiatan Mapenta dengan narasumber Atanasius, yang juga merupakan Bendahara Pemuda Katolik Komda Kepri, yang membawakan materi tentang sejarah organisasi yang menghantar peserta untuk memahami rentak perjalanan organisasi dari waktu ke waktu dengan berbagai dinamika dan tantangannya.

Di akhir kegiatan Mapenta, dilanjutkan dengan pelantikan kader kader Pemuda Katolik Komcab Bintan oleh Hamja Sagala, S.T. selaku Sekretaris Karateker Komcab Bintan.

“Setelah selesai kegiatan Mapenta, selanjutnya kita mengadakan sidang Musyawarah Komisariat Anak Cabang guna membentuk kepengurusan Komac, serta melaksanakan Sidang Musyawarah Komisariat Cabang Bintan untuk memilih Ketua Komcab Bintan,” kata Hamja dalam keterangan tertulisnya kepada media ini.

Lambertus, sebagai ketua terpilih menerima palu sidang dari pimpinan sidang Muskomcab I Bintan

Dalam perhelatan selama Muskomcab Pemuda Katolik Komcab Bintan yang pertama kalinya ini, salah satu kader terbaik Komcab Bintan, Lambertus akhirnya didaulat secara aklamasi untuk memimpin Pemuda Katolik Komcab Bintan pada periode 2022-2025.

Usai ditetapkan sebagai Ketua Pemuda Komcab Bintan, dihadapan peserta, Lambertus mengucapkan terima kasih atas kepercayaan kader-kader Pemuda Katolik Komcab Bintan yang memberikan kesempatan kepadanya untuk menjadi pemimpin perdana bagi Komcab Bintan.

“Saya berharap agar terjadi kerjasama yang solid bagi seluruh kader Pemuda Katolik Komcab Bintan untuk memperkenalkan dan membawa misi sosial Gereja ke tengah dunia seperti yang disampaikan oleh para pendahu kita,” kata Lambertus dengan optimis.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepri, Yosafat Ayoung selaku calon Pembina awam Pemuda Katolik Komcab Bintan serta calon-calon kader Pemuda Katolik se-Kabupaten Bintan yang berjumlah 42 (empat puluh dua) orang yang siap berproses dalam mengikuti Mapenta dan menjadi anggota penuh Pemuda Katolik Komcab Bintan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This