Wednesday, July 17, 2024

Pemuda Katolik Jambi Dapat Penghargaan dari Gereja HKI Resort Khusus Alam Barajo Karena Perannya Merawat Kerukunan Umat Beragama

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jambi -Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Alam Barajo adalah salah satu gereja yang disegel oleh Pemkot Kota Jambi pada September 2018 dan lima tahun setelah disegel kemudian mengajukan permohonan izin kembali ke pemerintah dan akhirnya dilaksanakan pesta pembangunan dan peletakan batu pertama gereja HKI Resort Khusus Alam Barajo pada Minggu, 15 Juni 2024.

Acara berlangsung di lokasi gereja yg baru di daerah Penerangan Kenali Besar, Kota Jambi didahului dengan ibadah.

Dalam undangan ini Pemuda Katolik diwakili oleh Ketua Pemuda Katolik Komda Jambi, Sonny Pardede dan dewan Pembina Josep A.Simalango.

Pemuda Katolik merupakan salah satu pihak yang turut berpartisipasi dalam mengawal agar proses perijinan gereja dapat segera terbit seperti berkomunikasi dengan tokoh gereja Katolik yang tergabung dalam FKUB agar mensupport dokumen perijinan dan ikut bersama-sama menyerahkan dokumen perijinan ke FKUB.

Pemuda Katolik Jambi dengan sumber daya yang ada bersama elemen lainnya melakukan beberapa kegiatan dalam rangka menumbuhkan semangat kekeluargaan dan toleransi antar lintas agama agar tidak terjadi lagi penolakan seperti terdahulu.

Beberapa organisasi yang turut terlibat diantaranya Pemuda Katolik Jambi, GMKI Jambi, GUSDURIAN, PIKI Jambi, GAMKI Kota Jambi, dan personal lain yang ikut membantu selama proses perijinan.
Pendeta Adventus Nadapdap dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih kepada saudara-saudara yang selama ini berjuang bersama agar ijin gereja dapat segera terbit.

“Saya terharu karena selama ini saudara-saudara semua, sejak gereja ini disegel sampai dengan proses pengurusan dokumen perijinan saat ini selalu mensupport kami. Menemani kami untuk bertemu banyak pihak agar perijinan tidak terganjal. Semangat persaudaraan antar lintas agama yg teman teman tunjukkan semoga dapat terus terjalin sampai seterusnya. Sekali lagi terimakasih”, ucapnya pendeta mantan aktivis ini .

“Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan dukungan teman-teman semua. Seperti kata Gusdur bahwa kita semua adalah saudara dalam kemanusiaan”, tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Temawisman, S.Pi, hadir mewakili Gubernur Jambi, mantan Wali Kota Jambi Syarif Fasha, wakil ketua DPRD Kota Jambi, Pangeran Simanjuntak dan anggota DPRD Kota Jambi terpilih Djokas Siburian.

Sonny Pardede, Ketua Pemuda Katolik Komda Jambi dalam keterangannya mengungkapkan bahwa dengan keluarnya ijin IMB untuk gereja HKI Alam Barajo menunjukan bahwa pemerintah Kota Jambi saat ini semakin peduli pada kebebasan beragama.

“Saat ini diantara rasa sedih dan senang. Sedihnya karena gereja ini adalah gereja hasil relokasi yang artinya segel lama belum dicabut dan masih ada satu gereja lagi yang masih disegel oleh pemerintah kota. Senangnya adalah pengurusan perijinan pembangunan gereja HKI ini berjalan dengan baik dan juga mendapatkan lokasi yg menurut kami cukup baik untuk pengembangan ke depan.

Pemuda Katolik bersama pendeta Adventus Nadapdap sering berkomunikasi dan juga berkegiatan bersama HKI Alam Barajo. “Harapan kami kehadiran gereja di tempat ini dapat semakin mendekatkan gereja ke umat dan juga ke masyarakat. Semoga semangat persaudaraan terus terjalin dan ke depan masih terus berkegiatan bersama antar lintas agama “, ucapnya.

Acara pesta dan peletakan batu pertama berjalan khidmat dan meriah dengan menyatunya antara umat dan tamu undangan diselingi dengan makan siang bersama dan juga hiburan.

Semoga di Kota Jambi tidak ada lagi rumah ibadah yang disegel oleh pemerintah dengan dalih tidak mentaati SKB 3 Menteri dan pemerintah kota semakin memberi ruang komunikasi dan kegiatan bersama antar umat beragama di kota Jambi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

22 Anggota Baru Ikuti Mapenta Pemuda Katolik Kaimana, Papua Barat

Pemudakatolik.or.id, Kaimana - Sebanyak 22 kader baru Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kaimana resmi dilantik oleh Ketua Petrus Jimmy...
spot_img

More Articles Like This