Sunday, November 27, 2022

Pemuda Katolik Jabar Sukses Gelar Muskomda XVII

Must Read

Pemuda Katolik.or.id, Bandung – Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat sukses menggelar Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) XVII. Kegiatan ini bertempat di Gedung Sate dan Kalya Hotel, Kota Bandung, Sabtu-Minggu, 22-23 Oktober 2022.

Pada Muskomda XVII Pemuda Katolik Jabar dihadiri oleh Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma bersama jajaran yaitu Sekretaris Jenderal Johannes SM Sitohang, dan Kabid Politik dan Kepemiluan Benny Wijayanto.

Seminar Kebangsaan

Acara diawali dengan Seminar Kebangsaan yang menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Ketua Komisi Disabilitas Nasional sekaligus IKA Lemhanas RI Jabar Bidang Pengkajian Dante Rigmalia, Kepala Badan Kesbangpol Jabar Iip Hidayat, dan Direktur Utama Omega Media Global Yohanes Noercahya.

Kegiatan yang bertajuk “Pemuda Tonggak Ketahanan Kebangsaan di Era Digital” ini juga menghadirkan keynote speech yaitu Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Prof. Hikmahanto Juwana.

*Pembukaan Muskomda*
Memasuki Pembukaan Muskomda, Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma menyampaikan bahwa Komda Jabar telah memiliki cabang definitif sejumlah 12 komcab dan 4 komcab caretaker.

“Komda Jabar dibawa kepemimpinan Edi Silaban memberikan warna tersendiri se-Indonesia, termasuk memberikan hati dan pikirannya dalam mengembangkan organisasi melalui konsolidasi secara menyeluruh” ungkap Gusma (22/10).

Gusma menekan bahwa reborn memiliki makna lahir kembali, dengan menghilangkan pola tata kelola organisasi yang lama termasuk mengedepankan konsolidasi dan musyawarah mufakat. “Melalui ini, organisasi dapat menyimpan energi lebih untuk menjalankan program-program organisasi kedepan” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Organize Committee Alfredo Willy Martin menyampaikan bahwa persiapan kegiatan sudah dilakukan selama tiga bulan.

“Seluruh rangkaian kegiatan ini kami mengawali dengan Webinar Pra Muskomda, mempersiapkan ajang apresiasi Usman Tanumihardja Awards dan membuat buku bunga rampai yang bertema Dari Jawa Barat Menuju Misi Reborn and Grow Further” tandasnya.

Ketua DPD KNPI Jabar Ridwansyah Yusuf Achmad menyampaikan bahwa Pemuda Katolik Komda Jabar agar terus menjadi Role Model. “seperti yang disampaikan Ketua Edi Silaban, silahkan tunjukkan kerja nyata sehingga Pemuda Katolik jangan hanya fokus pada persoalan internal saja” ucap Yusuf.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Jabar Iip Hidayat menegaskan pluralisme di Indonesia sangat beranekaragam baik dari suku, agama, maupun golongan yang sangat rentan apabila tidak dapat dikelola dengan baik.

“Kehadiran Pemuda Katolik menjadi faktor penting termasuk dalam mengelola pertemuan lintas agama” tambahnya.

Pembukaan diakhiri dengan memberikan apresiasi kepada komcab-komcab yang telah menjalankan kerja-kerja organisasi terbaik dari berbagai kriteria penilaian melalui pemberian penghargaan Usman Tanumihardja Award, dan secara resmi dibuka secara simbolik oleh Kepala Badan Kesbangpol Jabar Iip Hidayat.

Adapun ajang apresiasi ini menghasilkan empat komcab terbaik yaitu Pemuda Katolik Komcab Kota Bekasi (Pelaksanaan Kaderisasi Terbaik), Komcab Kota Depok (Pengelolaan Organisasi Terbaik), Komcab Kabupaten Bogor (Pengelolaan Medsos Terbaik) dan Komcab Kota Cirebon (Komcab Terfavorit).

Sidang Muskomda

Sebelum memasuki sidang Muskomda, acara dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Thomas Waluyo, SS.CC di Kalya Hotel Bandung.

Memasuki sidang, Edi Silaban kembali terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar periode 2022-2025. Edi terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) VIII, di Kalya Hotel, Minggu (23/10/2022).

Dalam sidang Muskomda XVII juga menghasilkan berbagai rekomendasi-rekomendasi baik internal dan eksternal.

Turut hadir di pembukaan beberapa Ormas Katolik seperti WKRI DPD Jabar, DPD Vox Point Jabar dan PMKRI Kota Bandung.

Hadir juga tokoh OKP lintas iman di Jawa Barat yakni Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Reza Arfah, Ketua PW GPII Jabar Irwan Sholeh Amir, Ketua DPD KNPI Kota Bandung Edwin Khadafi serta perwakilan dari PW GP Ansor Jabar, DPP Peradah Jabar, GAMKI Jabar, dan Pemuda PUI Jabar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This