Saturday, April 13, 2024

Pemuda Katolik Jabar Gelar Pra Rakerda Bahas Peningkatan Strategi Media Sosial

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jabar – Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) menggelar Webinar Pra Rakerda dalam rangka peningkatan kapasitas kader bertajuk “Membangun Komunitas di Media Sosial: Strategi Efektif dan Responsif”, Sabtu, (14/04/2023).

Webinar Pra Rakerda ini dibuka oleh Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik PP Pemuda Katolik Yustinus H Wuarmanuk dan turut menghadirkan narasumber yaitu Manager Digital Harian SURYA (Tribun Jatim Network), Adrianus Adhi Nugroho yang dimoderatori oleh Boy Fernando Lumbanraja.

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik PP Pemuda Katolik Yustinus H Wuarmanuk dalam opening speech menyampaikan apresiasi Pemuda Katolik Komda Jawa Barat dalam merespon perkembangan digital. Khususnya, Pemuda Katolik kini tengah bergerak lewat platform Media Sosial agar konsolidasi kader dan program-program kerja guna membahas isu-isu nasional.

Tiga goals, lanjut Yusti, yang ditekankan Pengurus Pusat yaitu isu-isu politik, event, dan goals media. Dengan harapan grand objektive yaitu teraktivasinya medsos Komda, Komcab, dan Komac, adanya press release setiap kegiatan, serta terbentuknya distribusi konten ke semua platform guna merespons isu.

“Guna menguatkan resonansi pemberitaan ini, Pengurus Pusat di periode ini ‘tancap gas’ dengan berbagai strategi pemberitaan. Dengan berbagai aktivitas branding seperti branding topik, tokoh atau narasumber (publik figur) dan branding program kerja, diharapkan kehadiran Pemuda Katolik sebagai kawahcandradimuka semakin dikenal di tengah masyarakat” tandas Yusti.

Pemuda Katolik, tambah Yusti, gagas gerakan Pemuda Penggerak Transformasi Digital (Petra Digital). Program ini menjadi kesempatan yang baik bagi kader-kader Pemuda Katolik untuk berkontribusi bagi bangsa dalam rangka mempercepat akselerasi visi besar transformasi digital melalui gerakan nasional ini.

Memasuki Sesi, Manager Digital Harian SURYA (Tribun Jatim Network) Adhi Nugroho memaparkan tentang “Membangun Komunitas di Media Sosial”. Materi membahas empat topik yaitu Pengenalan Media Sosial, Membuat Media Plan, Do and Don’t Media Sosial dan Simple Desain.

“Seluruh anggota Pemuda Katolik, menurut Adhi Nugroho, harus mampu melihat realita yang terjadi dalam hidup bersosial media yang bijak dan ikut ambil bagian dalam pengembangan strategi, skill, dan pemahaman terhadap komunitas di sosial media” paparnya.

Bagi Adhi, ada beberapa tips membangun komunitas media sosial diantaranya yaitu Pemuda Katolik diajak memahami target audiens, membangun profil sosial media yang menarik, mengembangkan konten yang menarik (media plan), dan konsistensi konten.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Rakerda Pemuda Katolik Komda Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada 7 Mei 2023 di Kabupaten Bogor. Diskusi turut dihadiri kader Pemuda Katolik dari seluruh daerah di Jawa Barat dan beberapa komcab dari luar Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Apresiasi Kehadiran Wali Kota Binjai Saat Perayaan Paskah

Pemudakatolik.or.id, Binjai - Dalam rangka meningkatkan toleransi antar umat beragama di Kota Binjai, Wali Kota Binjai hadiri perayaan Paskah....
spot_img

More Articles Like This