Monday, September 26, 2022

Pemuda Katolik di Kepulauan Riau Adakan Muskomda IV di Karimun

Must Read

Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau menyelenggarakan Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) ke-4, bertindak sebagai tuan rumah Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik Kabupaten Karimun (19/2). Acara Seremonial bertempat di balai Nilam Sari Pemda Karimun, dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau Ibu Hj. Marlin Agustina, dihadiri pejabat daerah Kabupaten Karimun; Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun, HM Firmansyah, dan jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun, Pengurus Pusat Pemuda Katolik Pandapotan Sitanggang (Korwil Sumatera), Melkianus Da Costa Pirez (Wakil Sekjen Bidang Organisasi dan Keanggotaan), hadir juga ketua GP Ansor PW Kepri Rahmat Budi, ketua GAMKI Kepri Rikson Tampubolon, Peradah Kepri Ketut Suwitra, dan para pengurus OKP lainnya. Hirarki Gereja Katolik Keuskupan Pangkal Pinang, dihadiri oleh Romo Kristiono Widodo (sekretaris Vikep Kepri), Romo Agustinus Dwi Pramodo (pastor Moderator Pemuda Katolik Kepri).

Tema Muskomda IV Pemuda Katolik Komda Kepri tahun 2022 kali ini adalah “Kolaborasi Gerakan Pemuda Katolik sebagai agen Penggerak Moderasi beragama dan akselerasi memperkuat ekonomi kader”. Johanes SM Sitohang, Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri (periode 2018-2021) yang juga Sekretaris Jenderal PP Pemuda Katolik dalam sambutannya menegaskan bahwa tagline “Reborn and Grow Further” yang menjadi semangat Pemuda Katolik Nasional agar menjadi semangat kolektif seluruh kader di Kepri, ia berpesan agar pengurus baru untuk meneruskan hal-hal baik yang telah dilaksanakan pengurus lama.

Pandapotan Sitanggang, Koordinator Wilayah Sumatera PP Pemuda Katolik mengaminkan pesan ketua Komda demisioner, bahwa pengurus baru harus lebih baik dan kembali menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Masih terkait semangat Pemuda Katolik, Romo Kris berpesan agar kiprah Pemuda Katolik semakin dapat dirasakan masyarakat.

Sementara itu Wakil Gubernur Kepri, Ibu Marlin menyampaikan bahwa diperlukan kerukunan antar umat beragama agar visi Kepulauan Riau dapat tercapai. Ibu Marlin juga mengapresiasi elemen pemuda yang turut membantu bahwa membahu selama pandemi Covid-19.

Setelah acara seremonial, dilanjutkan dengan sidang-sidang Muskomda bertempat di Ballroom Karimun City Hotel. Proses Persidangan yang berjalan dengan sangat tertib dan secara Musyawarah Mufakat maka terpilihlah Sdr. DR Vandarones Purba, ST. MH sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau untuk Masa Bakti 2022-2025.

Ketua Komda Pemuda Katolik Kepri terpilih ini menyatakan bahwa dirinya bersedia menjadi Ketua Pemuda Katolik Kepri untuk 3 tahun kedepan merupakan sebuah panggilan untuk pelayanan dalam mengembangkan potensi-potensi Kader Pemuda Katolik agar semakin mampu berdampak bagi gereja dan Masyarakat pada umumnya, sebagaimana Spirit Pemuda Katolik “Pro Ecclesia Et Patria (Bagi Gereja dan Tanah Air).

Vanda, sebutan akrab Ketua Pemuda Katolik Kepri ini berharap dukungan dan doa seluruh stakeholder Gereja, kader maupun stakeholder Pemerintah yang ada di Kepri agar kedepannya anak-anak muda Katolik semakin mampu bersinergi dengan masyarakat luas sehingga menjadi garam dan terang ditengah masyarakat Kepri pada khususnya dan Indonesia pada Umumnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This