Thursday, May 30, 2024

Kolaborasi Pemuda Katolik Jaksel dan GP Ansor Berbagi Kepada Anak Yatim

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta -Dalam rangka Bulan Suci Ramadhan, Pemuda Katolik Komcab Jakarta Selatan berkolaborasi dengan GP Ansor Kebayoran Baru mengadakan kegiatan Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim di wilayah RW 02, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, (15/04).

Acara yang bertajuk “Bersihkan Hati dan Harta Dengan Berbagi Di Bulan Yang Suci” tersebut merupakan kolaborasi nyata Pemuda Katolik dengan GP Ansor dalam merajut hubungan silaturahmi dan juga sebagai upaya merawat toleransi beragama di wilayah Jakarta Selatan.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Ketua Pemuda Katolik Komcab Jakarta Selatan A. Anggorokresno Abiwangsa bahwa melalui kegiatan-kegiatan kolaboratif antar pemuda-pemudi lintas agama seperti ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara satu dengan yang lainnya sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar.

“Kolaborasi pemuda tidak hanya
menjadi sebuah ucapan atau jargon belaka, namun harus dapat diimplementasikan secara nyata
melalui program kerja seperti yang sedang dilakukan oleh Pemuda Katolik Jakarta Selatan dengan GP Ansor Kebayoran Baru saat ini melalui program santunan anak yatim dan buka puasa bersama,” imbuh Anggo yang juga merupakan Fungsionaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Anggo tersebut mengatakan bahwa,  “Melalui program kerja kolaboratif seperti ini juga dapat menunjukkan eksistensi dari kehadiran pemuda di tengah masyarakat dan masyarakat juga dapat langsung merasakan manfaat yang diberikan oleh para pemuda dengan semangat dan juga kreatifitas yang dimiliki oleh pemuda.” Hal tersebut juga mengingat peranan serta posisi strategis yang dimiliki oleh pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia nantinya di tengah-tengah masyarakat.

Anggo menjelaskan bahwa melalui kegiatan sosial ini Pemuda Katolik Jakarta Selatan turut berbelarasa kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya kepada anak yatim.

“Kesempatan kali ini sangatlah baik terlebih pada bulan suci Ramadhan kali ini Pemuda Katolik Jakarta Selatan dapat mengambil bagian dalam memberikan santunan kepada anak yatim bersama-sama dengan GP Ansor Kebayoran Baru sebagai wujud belarasa pemuda kepada sesama masyarakat yang membutuhkan,” jelas Anggo.

Anggo juga menambahkan bahwa melalui pelaksanaan program kerja bersama dengan GP Ansor Kebayoran Baru merupakan bukti keseriusan Pemuda Katolik Komcab Jakarta Selatan untuk
merawat toleransi beragama di Jakarta Selatan terutama dalam rangka menyongsong tahun politik yang akan berlangsung kurang dari satu tahun lagi.

“Sejatinya kebebasan beragama
dijamin oleh Konstitusi negara yang tercantum dalam UUD 1945, dengan menjalankan kolaborasi bersama dengan sahabat Ansor kita telah menjalankan amanat Konstitusi dan juga memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar melalui bantuan yang diberikan,” kata Anggo.

Sependapat dengan Anggo, Ketua Pengurus Anak Cabang GP Ansor Kebayoran Baru Mujib juga menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini menunjukkan bahwa toleransi beragama
adalah hal yang sangat mungkin diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari melalui hal-hal yang sederhana dan berdampak positif bagi kehidupan bermasyarakat.

“Kegiatan ini menjadi salah satu gebrakan sinergi antar umat agama dan organisasi agar menciptakan ruang ruang silaturahmi
dan kebermanfaatan untuk lingkungan sekitar,” jelas Mujib.

Selain Pemuda Katolik dan GP Ansor pada kegiatan yang berlangsung di taman RW 02 Kelurahan Petogogan tersebut dihadiri pula oleh Fatayat NU, Keluarga Besar NU, Ketua RW, dan beberapa tokoh masyarakat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Simak Pesan Uskup Agung Palembang untuk Pemuda Katolik Bengkulu

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Pada Minggu, 26 Mei 2024, Pemuda Katolik Bengkulu mendapat kesempatan berharga untuk beraudiensi dengan Uskup Agung...
spot_img

More Articles Like This