Tuesday, June 18, 2024

Buka Rakerda, Ketum PP Pemuda Katolik Minta Komda Jawa Barat Rumuskan Program Strategis

Must Read

Pemudakatolik.or,id, Bogor – Ketua Umum PP Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) Tahun 2023 dan minta Komda Jawa Barat lakukan terobosan-terobosan melalui program-program strategis.

Hal tersebut disampaikan Gusma dihadapan seluruh peserta Rakerda bertajuk “Penguatan Organisasi dalam Mengaktualkan Komitmen Kaderisasi Berwawasan Kebangsaan” yang bertempat di Graha Bina Humaniora, Sentul City, Kabupaten Bogor.

“Saya yakin rekan-rekan sudah memiliki visi yang luar biasa. Maka saya minta kader membuat sebuah terobosan yang nantinya tidak berhenti pada perdebatan pada peraturan yang berkembang pada dialektika dilapangan. Inventarisasi masalah periode lalu harus diterobos, sehingga organisasi kita produktif” papar Gusma, (7/5/2023).

Gusma menjelaskan bagian terpenting dalam Rakerda ialah mengevaluasi melalui proses otokritik dari cabang-cabang dan sebaliknya pengurus tingkat Jawa Barat menyampaikan semangat kerja bersama sehingga tercapai komitmen ulang antara komda dan komcab yang hadir.

Apresiasi kepada Komda Jabar, tambah Gusma, di bawah kepemimpinan Edi Silaban karena sudah bisa melakukan proses yang runut melalui proses pelantikan, pembekalan atau orientasi dan hari ini menjalankan proses Rakerda.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Robinton Sitorus mewakili Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menyambut kehadiran kader Pemuda Katolik se-Jawa Barat yang merupakan garda terdepan menjaga kebangsaan NKRI.

“Pemuda Katolik tidak diragukan lagi wawasan kebangsaannya. Saya berharapan jiwa-jiwa nasionalis akan tetap tumbuh dan berkembang dihati kader Pemuda Katolik. Selamat melaksanakan Rakerda” tandasnya.

Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat, Edi Silaban dalam sambutannya mengajak kader Pemuda Katolik mampu mengembangkan program-program yang mendukung kaderisasi berwawasan kebangsaan.

“Program-program tersebut harus mampu membentuk masuk dalam karakter kader yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, serta memahami dan menghargai keanekaragaman yang ada” ungkap Edi.

Lebih lanjut, Edi berharap seluruh pimpinan cabang dapat bersabar mengkawal seluruh proses yang sudah dilalui Komda Jabar. “Kesabaran adalah salah satu sifat Allah yang patut dipupuk. Tidak ada yang instan dalam proses, berorganisasi tanpa kesabaran yang terjadi adalah balik badan” tutupnya.

Ketua OC Rakerda Komda Jabar, Bernardo Julianus melaporkan bahwa kegiatan yang telah dipersiapkan selama tiga bulan ini dihadiri oleh hampir 100 orang baik dari 13 cabang di Jawa Barat yaitu dari Bekasi Raya, Bandung Raya, Bogor Raya, Sukabumi Raya dan Kota Cirebon.

Kegiatan diawali dengan Seminar Kebangsaan yang menghadirkan narasumber yaitu Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah Dahlan dan Ketua DPD IKAL Lemhannas Jawa Barat Mayjen TNI (Purn) Deni K. Irawan yang dimoderatori oleh Kader Pemuda Katolik Kabupaten Bogor sekaligus mahasiswa STF Driyarkara, Wensenslaus Aprianus Geu.

Rakerda menghasilkan berbagai ketetapan strategis baik Program Kerja, serta Rekomendasi dan Kebijakan Umum. Acara di tutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Bogor, RD Dionysius Adi Tejo Saputro.

Turut hadir dalam Pembukaan Rakerda yaitu Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah, Kasek. Bawaslu Kab Bogor Rumonang Silalahi, Ketua PC GP Ansor Kab. Bogor Dhamiry A Ghazaly, Dewan Pembina Pemuda Katolik Komda Jabar dan Kab. Bogor, Asosiasi Pendeta Indonesia (API), PGN, KMK Unindra dan Perwakilan DPP Paroki dam OMK Santa Maria Fatima Sentul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Komcab Manado Adakan Rakercab Fokus Bahas Program Konkret

Pemudakatolik.or.id, Manado-Ketua Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Manado Ronaldo Walujan memimpin jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pengurus di...
spot_img

More Articles Like This