Sunday, December 10, 2023

Audiensi ke KPU Kepri, Pemuda Katolik Komda Kepri Bicarakan Isu Eksploitasi Data

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Tanjungpinang – Bertempat di Ruang Rapat Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau, Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepulauan Riau melakukan Audiensi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih khususnya dari kalangan masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024. (5/10).

Audiensi antara Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepulauan Riau dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau di hadiri oleh  Plh. KPU Provinsi Kepulauan Riau Priyo Handoko, S.A.P., M.A., Widiyono Agung S, ST, Parlindungan S. S.Sos., beserta staff sekretariat KPU Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan pihak Pemuda Katolik dihadiri oleh Ketua Komda Pemuda Katolik Dr. Vandarones Purba, ST., M.H bersama Lowis William Sinaga (Kabid Politik dan Kepemiluan Pemuda Katolik Komda Kepulauan Riau) beserta beberapa ketua bidang.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam ini, ada beberapa point yang penting yang dibicarakan diantaranya stop politik polarisasi/identitas dimasyarakat. Pemilu merupakan sarana integrasi pemersatu bangsa dan diharapkan seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk bersama-sama menggunakan hak pilihnya. Pemilu tahun 2024 ada 2 (dua) agenda penting yakni Pemilihan Legislatif yakni hari Rabu Tgl. 14 Februari 2024 (DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPRD RI dan DPD), Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, selanjutnya Pemilihan Kepala Daerah serentak Tgl.27 November 2024 (Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati) untuk itu diharapkan kerjasama dari berbagai pihak peran serta seluruh masyarakat agar pemilu dapat berjalan lancar dan aman.

Suasana Audiensi Pengurus Pemuda Katolik Komda Kepri dan KPU Provinsi Kepri, Tanjungpinang (5/10)

Priyo Handoko, S.A.P, M.A. (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi), menyampaikan apabila masyarakat yang namanya dicatut sebagai anggota salah satu parpol, padahal tidak pernah mendaftar sebagai anggota parpol tersebut dapat menghubungi pihak KPU terdekat atau dapat dicek melalui saluran info pemilu yang dimiliki https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum dan dalam rangka melindungi dan melayani hak pilih seorang warga negara dalam pemilu, KPU Provinsi Kepulauan Riau akan melaksanakan sosialisasi baik secara online maupun offline yang menyasar para pemilih pemula, ungkap Parlindungan Sihombing, S.Sos (Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi, dan Sumber Daya Manusia). Dalam rangka mewadahi kegiatan tersebut, KPU Provinsi akan melakukan kegiatan bertajuk KPU Goes To Campus atau silaturahmi ke berbagai Ormas dan OKP yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Agung Sulistyo, ST (Divisi Hukum dan Pengawasan) menambahkan bahwa kerjasama dari berbagai pihak termasuk Pemuda Katolik sangat diperlukan untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil.

Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri Dr. Vandarones Purba, ST., M.H menyampaikan Sebagaimana Spirit Pemuda Katolik “Pro Ecclesia Et Patria (Demi Gereja dan Tanah Air)” Maka Spirit inilah yang juga direfleksikannya sehingga mantap menyatakan diri siap untuk menakhodai Ormas Pemuda ini.

“Agar panji-panji pergerakan Pemuda Katolik” dapat semakin dirasakan masyarakat luas di wilayah Kepri pada umumnya,” ujar Vandarones.

Visi yang saya usung yakni terwujudnya organisasi basis yang mandiri, kontekstual dan berdaya saing melalui komitmen pemberdayaan sumber daya kader dan keterlibatan nyata bagi gereja dan tanah air. Visi ini juga sejalan dan searah dengan visi pemuda Katolik secara nasional yang juga sedang menghidupkan kembali spirit Reborn and Growth Further, ungkap doktor ilmu hukum ini.

Maka dari itu Pemuda Katolik Komda Kepri siap bersinergi dengan KPU Kepri untuk mensukseskan Pemilu serenta yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti, sehingga pelaksanaan pemilu serentak ini terlaksana dengan baik dan aman, langsung umum bebas rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil), bersama KPU bahagia, ujar Vandarones yang juga staf pengajar STIE Bentara Persada Batam ini.

Melalui kegiatan audiensi ini diharapkan juga Pemuda Katolik sebagai motor penggerak untuk aktif berpartisipasi dalam Pemilihan Umum tahun 2024 dan kader-kadernya untuk dapat ikut serta sebagai penyelenggara pemilu baik di tingkat desa maupun nasional. Pada akhir pertemuan Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau diwakili Ketua Komda menyerahkan cenderamata berupa plakat kepada Komisioner KPU yang diterima Plh. Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau. *LWS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Laksanakan KKM, Pemuda Katolik Bengkulu Angkat Tema Pendidikan Politik bagi Pemilih Milenial

Pemudakatolik.or.id - Pemuda Katolik Komisariat Daerah Bengkulu menggelar Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) pada Sabtu-Minggu, (02-03/12-2023). Ketua Pemuda Katolik Komda Bengkulu,...
spot_img

More Articles Like This