Login
or
Register

JAKARTA: Mgr Agus Lantik PP Pemuda Katolik

May 26, 2015

JAKARTA: Mgr Agus Lantik PP Pemuda Katolik

Sticky
0

5HIDUP/Prayogi Dwi Sulistyo

Pelantikan: Mgr Agustinus Agus secara simbolis menyerahkan bendera PK kepada Ketua Umum PK periode 2012-2015 Agustinus Tamo Mbapa.

Artikel Lainnya

HIDUPKATOLIK.com – Agustinus Tamo Mbapa dilantik secara resmi sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik (PK) periode 2012-2015, Jumat, 12/10, di Aula Gereja Katedral Jakarta. Kengurusan kali ini melibatkan Karolin Margret Natasa sebagai Sekretaris Jenderal, dan Ardy Susanto Wijoyo sebagai Bendahara Umum.

Acara yang bertajuk “Menjadi Kader yang Jujur, Bersih, Santun, dan Mandiri” ini ditandai dengan misa peneguhan yang dipimpin oleh Uskup Sintang Mgr Agustinus Agus. Hadir juga sebagai konselebran, Pastor Guido Suprapto, Pastor Florens Maxi Un Bria, Pastor Yohanes Kristoforus Tara OFM, dan Pastor Siprianus Smakur Tukan SSCC. Ekaristi dimeriahkan oleh Paduan Suara St. Theresia dari Kanak-Kanak Yesus.

Dalam kotbahnya, Mgr Agus berpesan, PK hendaknya mampu menampilkan wajah Katolik. PK juga harus bisa menjadi garam dan cahaya bagi bangsa dan negara Indonesia. Tugas yang tidak mudah ini harus senantiasa dilandasi dengan kekuatan Tuhan. Oleh karena itu, hendaknya hidup doa diperhatikan secara serius.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PK yang baru Agustinus Mbapa menguraikan visi “Kader Pemuda Katolik yang Bersih, Cerdas, Bermartabat, dan Mandiri.” Untuk memperteguh visi tersebut, ia menjabarkannya menjadi beberapa misi, antara lain: mengembangkan pola hidup kader yang beriman, jujur, konsisten, dan bertanggung jawab. Selain itu, PK juga harus mampu menciptakan kader yang bisa bersaing di tingkat nasional yang menjunjung tinggi moralitas, etika, dan budaya bangsa. Dan tidak kalah penting, PK sudah selayaknya mengembangkan jiwa enterpreuneur (wira usaha) para kadernya, melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) dan koperasi.

Secara khusus, acara ini dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Alifian Mallarangeng, Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan Eko Nugroho Rotorasiko, Komisariat Daerah (Komda) PK seluruh Indonesia, Pengurus Pusat PK masa bakti 2006-2012, dan tokoh Katolik senior Cosmas Batubara yang didaulat untuk berorasi politik.

Dalam orasinya, Cosmas Batubara menggarisbawahi pedoman gerak PK, yakni pokok-pokok ajaran Katolik. Dalam melaksanakan tugas, nilai-nilai kristiani harus selalu dijadikan acuan dan landasan. Selain itu, Cosmas berpesan agar PK bersatu dalam perjuangan demi kepentingan bangsa dan negara.

Acara pelantikan ini disemarakan dengan rangkaian pertunjukan, yang memperlihatkan keanekaragaman budaya Indonesia. Kelompok Dango Khatulistiwa unjuk kebolehan dengan membawakan tarian kreasi dari Kalimantan Barat. Sementara itu, tarian khas Sumba dibawakan oleh Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS). Sedangkan Komunitas Maha Sanjaya Tangerang mempersembahkan Barongsai.

Prayogi Dwi Sulistyo

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*