Sunday, November 27, 2022

Sumpah Pemuda, Manifesto Organisasi Kepemudaan Lintas Iman dibacakan Pemuda Katolik Jakarta Pusat

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta- Pemuda Katolik Jakarta Pusat bersama Organisasi Kepemudaan Lintas Iman menggelar Napak Tilas Sumpah Pemuda dalam rangka memperingati 94 tahun Hari Sumpah Pemuda, pada hari Sabtu 29 Oktober 2022. Kegiatan Napak Tilas yang diinisiasi pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Jakarta Pusat tersebut mengangkat Tema “Kita Satu, Satu Indonesia.”

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara long march dari titik kumpul di Gereja Katedral Jakarta, sebagai lokasi Kongres Pemuda II hari pertama, menuju titik akhir, di Gedung Museum Sumpah Pemuda, Kramat.

Sesaat setelah pengucapan Ikrar Sumpah Pemuda oleh seluruh peserta kegiatan Napak Tilas Sumpah Pemuda di Gedung Museum Sumpah Pemuda, Ketua Pemuda Katolik Komcab Jakarta Pusat bersama-sama dengan Ketua Organisasi Kepemudaan se-Jakarta Pusat membacakan Manifesto.

Berikut isi Manifesto Organisasi Kepemudaan Lintas Iman Jakarta Pusat tahun 2022 :

Dalam rangka memperingati 94 tahun Sumpah Pemuda, kami pemuda pemudi yang tergabung dalam organisasi kepemudaan lintas iman di Jakarta pusat, bertekad untuk menjaga persaudaraan dan persatuan Indonesia, memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sebagai aksi bersama menyongsong 100 tahun sumpah pemuda, kami berkomitmen untuk :

  1. mendorong pemerintah untuk senantiasa konsisten dalam merawat semangat kebangsaan dan membangun politik adik dan makmur.
  2. menjunjung tinggi martabat manusia dan memperjuangkan keadilan berbasis gender, dukungan terhadap disabilitas serta gerakan sosial inklusif.
  3. menolak segala bentuk politik identitas yang memecah belah kesatuan bangsa dengan senantiasa menggelorakan semangat gerakan bersama dalam bingkai NKRI.
  4. menumbuhkan kesadaran untuk peduli pada lingkungan pada lingkungan hidup dan bumi sebagai satu-satunya rumah bersama.
  5. membangun persatuan antar organisasi kepemudaan dan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, dan berbagai institusi pemerintah, TNI dan Polri demi membangun Indonesia yang adik, makmur dan sentosa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This