Tuesday, June 18, 2024

Songsong Paskah, Pemuda Katolik Tambrauw Gotong Royong Sampah Plastik

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Papua Barat Daya – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Tambrauw melakukan aksi kerja bakti pembersihan sekitar Gereja Katolik Fef dan Pembersihan jalan utama di fef serta pemungutan sampah Plastik. Hal ini merupakan wujud kepedulian kader pemuda katolik dalam rangka menyongsong hari raya paskah tahun 2023. Mengingat tema paskah adalah terus mencari jalan baru untuk merawat dan mengembangkan kesejahteraan bersama sehingga ekologi bumi perlu di rawat sebagai wujud menjaga iklim lingkungan agar aman bagi kehidupan bersama

Mengapa hal ini penting karena Tambrauw adalah wilayah konservasi maka sangat penting untuk di jaga kelestarian alam serta kenyamanan lingkungan dari sampah plastik.karena sampah plastik itu dapat merusak iklim lingkungan dan kebersihan alam sekitar.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah agar tercipta kesadaran bersama dari seluruh stakeholder agar melihat bahwa lingkungan itu penting di jaga kebersihannya dari sampah dan buanglah sampah pada tempatnya. Kegiatan pembersihan ini dilakukan selama dua hari terhitung dari Jumat-Sabtu, 24-25/03/2023).

Seperti yang diketahui bersama bahwa sampah plastik itu dapat mencemari tanah, air, laut bahkan Udara. oleh karena itu, masyarakat perlu diedukasi bahwa efek jangka panjang dari sampah plastik jika tidak di buang pada tempatnya akan menyebabkan polusi udara dan Tanah.

Masyarakat perlu sadar sedini mungkin agar menjaga kebersihan dan sampah plastik jangan di buang sembarangan tempat karena akan bisa mendatangkan musibah bagi masyarakat seperti banjir, tanah longsor, merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap bahkan menyebabkan penyakit bagi masyarakat itu sendiri melalui pencemaran sampah di lingkungan hidup, Tutur Izak Bofra Ketua Pemuda Katolik Komcab Tambrauw. kegiatan ini berlangsung di Fef Ibu Kota Kabupaten Tambrauw.

Anis Nso Tokoh Pemuda Fef,mengatakan bahwa Kegiatan ini cukup positif dan perlu untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah karena pemerintah tidak menyiapkan tempat pembuangan sampah akhir ( TPA ),serta tempat sampah harus pemerintah dalam hal ini dinas lingkungan hidup atau dinas kebersihan perlu untuk di siapkan di setiap Titik agar masyarakt bisa membuang sampah pada tempat.Karena tempat sampah tidak ada jadi yang kita saksikan dan liat hanya berserakan di sembarang tempat.oleh sebab itu momemtun ini bisa menjadi titik kebangkitan kesadaran bagi seluruh komponen baik pemerintah, pemerintah distrik, pemerintah kampung dan pelaku bisnis serta elemen masyarakat agar ke depan menjaga kebersihan lingkungan sebagai tugas bersama kita. Lingkungan bersih maka masa depan umat manusia juga akan terawat.

Kegaitan ini dapat berjalan dengan baik dan partisipasi generasi muda untuk ikut dalam rangka kampanye sampah plastik sangat positif hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran langsung di lapangan ketika pembersihan dilakukan serta kegiatan ini dapat berjalan karena keterlibatan bersama Pemuda Katolik Tambrauw melakukan sinergi kolaborasi bersama dengan seluruh elemen yang ada di Tambrauw yakni KNPI Distrik Fef, Pam GKI Markus Ibe, IPPM-Fef sekitar, Lingkungan Hidup Tambrauw, Komunitas Pelajar Syujak dan kampung Fef, Kampung Wayo dan Kampung Ibe. (Izak Bofra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Komcab Manado Adakan Rakercab Fokus Bahas Program Konkret

Pemudakatolik.or.id, Manado-Ketua Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Manado Ronaldo Walujan memimpin jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pengurus di...
spot_img

More Articles Like This