Sunday, September 25, 2022

Yohanes Gandung Resmi Pimpin Pemuda Katolik DIY Periode 2022-2025

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jogyakarta – Yohanes Gandung Widiyantoro terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2022-2025. Senin, (09/05/2022).

Penetapan tersebut dilaksanakan dalam Musyawarah Komisariat Daerah (MUSKOMDA) Pemuda Katolik Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dilaksanakan di Griya Monica, Gamping, Kabupaten Sleman, DIY.

Gandung terpilih secara musyawarah mufakat menggantikan Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah DIY periode sebelumnya (2019-2022), Yulius Sanjaya.

Pada pemaparan visi misinya, Gandung berkomitmen menjaga marwah Pro Eclesia et Patria.

“Secara konkrit terbagi dalam program kerja jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang selama periode kepengurusan mendatang,” jelasnya.

Gandung mengatakan untuk jangka pendek, akan melakukan konsolidasi, bersama seluruh kader Komisariat Cabang se-DIY, untuk merapatkan barisan dengan organisasi serumpun, lintas rumpun dan lintas iman.

“Untuk jangka menengah mewujudkan program kerja yang berkaitan dengan upaya-upaya kemandirian ekonomi, serta mendorong keterlibatan yang lebih konkrit dalam masalah sosial kemasyarakatan di Provinsi DIY,” lanjutnya.

Ia mengatakan sedangkan untuk jangka panjang yakni terus-menerus melanjutkan kaderisasi anggota.

“Kemandirian ekonomi menjadi perhatian utama, kita dorong seluruh kader Pemuda Katolik DIY, agar mempunyai semangat wirausahaan dan keguyuban, melalui program satu komcab, satu angkringan,” jelasnya.

Gandung juga mengajak Pemuda Katolik se-DIY menginisiasi gerakan merawat, dan menjaga keutuhan ciptaan-Nya melalui pengolahan sampah, agar memiliki nilai ekonomi.

Muskomda Pemuda Katolik DIY, mengangkat tema “Bersinergi menjaga Soliditas dan Militansi Pemuda Katolik DIY”dihadiri oleh perwakilan Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Eduardus Wirawan selaku Ketua bidang organisasi dan keanggotaan dan Stefanus Andrianto, wakil sekretaris bidang organisasi dan keanggotaan.

Ketua bidang organisasi dan keanggotaan, Eduardus Wirawan mengatakan bahwa tema soliditas dan militansi sejalan dengan tema besar Rakernas Pemuda Katolik yang akan diadakan di Manado akhir bulan Mei ini.

“Saya lihat ada progres yang berjalan sejak tahun 2013, dan sampai saat ini sudah ada 32 pengurus komda Pemuda Katolik yang terbentuk di Indonesia,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma mengapresiasi terlaksananya MUSKOMDA DIY.

“Selamat atas terlaksananya MUSKOMDA DIY, Yogyakarta merupakan cikal bakal lahirnya Pemuda Katolik, dengan terlaksananya MUSKOMDA DIY estafet kepemimpinan telah berjalan dengan baik, terus bergerak untuk mengibarkan panji panji Pemuda Katolik di Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Menyoal Kasus Mutilasi 4 Warga Timika, Pemuda Katolik: Ini Perbuatan Merendahkan Martabat Manusia

Pemudakatolik.or.id, Papua - Berita mengejutkan datang dari Timika, Papua. Empat orang warga sipil Timika dimutilasi. Pembunuhan yang terjadi 22 Agustus...
spot_img

More Articles Like This