Saturday, April 13, 2024

Rakerda Pemuda Katolik Kalteng: Bersikap dalam Politik, Berdaya dalam Ekonomi

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Kalteng – Menyambut pemilihan umum tahun 2024, Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelenggarakan berbagai kegiatan, dari tanggal 19-20 Agustus 2023.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan Pemuda Katolik Komda Kalteng diantaranya, sosialisasi kepemiluan, dialog publik, diskusi panel, seminar bisnis, dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda).

Ketua Pemuda Katolik Kalteng Freddy Simamora mengatakan, kegiatan yang di laksanakan di Aula Magna itu secara spesial dihadiri oleh Mgr. A.M Sutrisnaatmaka,MSF (Uskup Keuskupan Palangka Raya) dan dibuka langsung oleh Perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Herson B Aden M. Si (Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan,Hukum, dan Politik) .

Dalam kegiatan ini juga, menghadirkan secara hybrid para pejabat tingkat nasional dan daerah serta tokoh masyarakat maupun pemuka agama Katolik. Tidak lupa juga dalam kegiatan ini diwarnai dengan kehadiran dari perwakilan ormas Katolik, OKP, mahasiswa dan juga siswa.

Terkait sosialisasi kepemiluan, Pemuda Katolik Komda Kalteng menghadirkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng. Di mana KPU Kalteng berbicara terkait peran tokoh agama dan tokoh umat, dalam meningkatkan partisipasi pemilih, dan turut mensosilaisasikan tahapan–tahapan pemilu melalui jenjang jaringan institusi gereja.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kalteng, berbicara terkait peran tokoh agama dan masyarakat dalam pengawasan partisipatif Pemilu.

“Di akhir sosialisasi ini, Pemuda katolik Komda kalteng melakukan penandatangan nota kesepakatan atau MoU dengan Bawaslu Kalteng yang disaksikan oleh KPU Kalteng dan Perwakilan dari PP Pemuda Katolik,” kata Freddy, Jumat (18/8/2023).

Untuk Dialog Publik bertema “Tantangan Kader Kristiani dalam Pusaran Politik Nasional”, Pemuda Katolik Komda Kalteng menghadirkan Anggota DPD RI sekaligus mantan Gubernur Kalteng Periode 2005-2015 , Bapak Agustin Teras Narang.

Di mana Bapak Teras Narang menyampaikan berbagai pengalaman dan tantangan yang dihadapi sebagai anggota DPR, Gubernur Kalteng hingga DPD RI.

Sementara Diskusi panel, mengangkat dua tema besar yakni, “Konstelasi politik nasional menuju Pilpres 2024’”yang dibawakan oleh Bapak Alexander Sony Keraf selaku Mantan Menteri Lingkungan Hidup, dan “Posisi Strategis Katolik dalam Perjalanan Demokrasi di Indonesia’ oleh Bapak Muliawan Margadana selaku Wakil Ketua Umum Ind Mining Association (IMA) dan Komisi Kerawam KWI.

“Setelah memahami gambaran tentang konstelasi politik nasional, perlu juga melihat dan memahami lebih dekat konstelasi politik lokal yang dilaksanakan dalam diskusi panel II,” ujarnya.

Diskusi panel II ini mengangkat 2 tema utama yakni, “Konstelasi Politik Lokal Menuju Pemilu 2024” oleh Bapak Sigit K Yunianto selaku Ketua DPRD Kota Palangka Raya, serta “Strategi Kerawam Keuskupan dalam Mendorong Keterlibatan Umat pada Pemilu 2024” oleh ketua Komisi kerawam keuskupan Palangka Raya, Rm. Bona Ventura yang juga merupakan Pastor Moderator Pemuda Katolik Komda Kalimantan Tengah.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Apresiasi Kehadiran Wali Kota Binjai Saat Perayaan Paskah

Pemudakatolik.or.id, Binjai - Dalam rangka meningkatkan toleransi antar umat beragama di Kota Binjai, Wali Kota Binjai hadiri perayaan Paskah....
spot_img

More Articles Like This