Sunday, September 25, 2022

Pemuda Katolik Komda Sulut Gelar KKM

Must Read

Pineleng, BeritaManado.com — Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Utara (Sulut), sukses menggelar kegiatan Kursus Kaderisasi Menengah (KKM) di Lotta Pineleng sejak Jumat (6/12/2019).

Kegiatan yang berakhir pada Minggu (8/12/2019) itu diikuti oleh kader Pemuda Katolik yang berasal dari berbagai Komisariat Cabang (Komcab) yang ada di Sulawesi Utara.

KKM Pemuda Katolik Komda Sulut itu mengusung tema “Membentuk Kader Gereja dan Bangsa yang Militan dan Tangguh di Era Industri 4.0 dai didahului dengan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Sekretaris Keuskupan Manado pastor John Montolalu Pr.

Dalam khotbahnya, Pastor John Montolalu mengatakan bahwa KKM merupakan bentuk penguatan organisasi yang wajib dilaksanakan dan harus diikuti oleh siapapun yang ingin dikenal sebagai kader Pemuda Katolik.

“Pemuda Katolik bagaikan lahan pastoral dan kaderisasi dalam konteks gereja dan bangsa. Dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini, maka Pemuda Katolik tidak mau tampi sebagai lahan mati tetapi lahan yang produktif, mau menghasilkan buah yang sehat,” ungkap Pastor John Montolalu yang juga merupakan Moderator Pemuda Katolik Komda Sulut.

Diharapkannya, Pemuda Katolik bisa menghasilkan buah yang sehat dan bisa dinikmati oleh masyarakat dan berkenan bagi gereja dan bangsa, sehingga menciptakan kader yang militant dan tanggap.

Meski sibuk dengan pekerjaan masing-masing, Pemuda Katolik Sulut tetap bisa menggelar KKM berdasarkan AD/ART sebagai program wajib bagi organisasi.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan KKM akan muncul kader pemimpin masa depan yang berasal dari Pemuda Katolik untuk dapat tampil di tengah-tengah gereja dan masyarakat. Intinya bahwa lewat KKM diharapkan kader Pemuda Katolik bisa menjadi pemimpin yang dapat membawa pengaruh, membujuk dan mengarahkan di organisasi,” ungkap Montolalu.

Ketua Tim Kerja KKM ini Novoita Simbala mengatakan bahwa narasumber yang memberikan materi  adalah Pastor Kris Ludong Pr, Pastor Ignasius Werelubun MSC, Pastor Cardo Renwarin MSC, DR. Valentino Lumowa, jones Pontoh SE MM, Maxi Watung dan Rico Ngangi.

Peserta KKM yang berjumlah 30 orang dari Komcab se-Sulut juga mendapatkan kesempatan untuk Eskursi Sosial di TPA Sumompo, Manado.

Seemtnara itu Ketua Pemuda Katolik Komda Sulut Lexi Mantiri SS mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada peserta yang sudah meluangkan waktu mengikuti kegiatan KKM dari hari pertama hingga berakhir pada hari ini.

“Jadilah kader Pemuda Katolik yang menjunjung tinggi semangat Pro Eklesia Et Patria. Berikan yang terbaik bagi gereja dan masyarakat, dimulai dari hal-hal sederhana yang menyentuk kehidupan umat dan tetangga di sekitar tempat tinggal kita,” harap Lexi Mantiri.

Sumber: beritamanado

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Menyoal Kasus Mutilasi 4 Warga Timika, Pemuda Katolik: Ini Perbuatan Merendahkan Martabat Manusia

Pemudakatolik.or.id, Papua - Berita mengejutkan datang dari Timika, Papua. Empat orang warga sipil Timika dimutilasi. Pembunuhan yang terjadi 22 Agustus...
spot_img

More Articles Like This