Thursday, June 20, 2024

Pemuda Katolik Komda Lampung Inisiasi Deklarasi Pemuda Kawal Pemilu 2024, Kedepankan Rasa Persaudaraan

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Lampung Tengah – Pemuda Katolik se-Komisariat Daerah (Komda) Lampung menginisiasi deklarasi komitmen pemuda mengawal pemiu 2024.

Sejumlah organisasi kepemudaan dilibatkan dalam deklarasi yang dihadirkan pada Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pemuda Katolik Lampung, Sabtu (25/11/2023) itu.

Selain itu, terlibat juga sejumlah kelompok mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, tokoh kemasyarakatan dan tokoh keagamaan serta pers.

Hadir pula Pengurus Pusat Pemuda Katolik lewat Ketua Bidang Sosial dan Tanggap Bencana Ignatius Ganjar Tri Hantoro.

Ikut mendampingi dalam deklarasi tersebut, elemen pemerintah, TNI-Polri, KPU dan Bawaslu di sekup Kabupaten Lampung Tengah, lokasi pelaksanaan Rakerda Pemuda Katolik Lampung.

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Lampung Falentinus Andi menegaskan proses pemilu 2024 harus merepresentasikan ciri khas Indonesia sebagai negara yang berdemokrasi.

Perlu adanya kekompakan serta rasa persaudaraan serta sikap saling gotong-royong oleh setiap warga negara sebagai pemilh dalam Pemilu 2024.

“Lewat deklarasi ini, kami pemuda lintas agama berkomitmen mewujudkan pemilu 2024 yang menjunjung tinggi rasa persaudaraan, nilai-nilai moral dan sikap saling gotong-royong,” kata dia.

Adapun, poin-poin dalam deklarasi tersebut yaitu:

1. Memiliki pandangan Nasionalis dan Berketuhanan Yang Maha Esa serta menjadi garda terdepan dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

2. Memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan serta mengamalkan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Mengedepankan nilai etik politik kebangsaan dan kenegarawanan yang merupakan ciri khas demokrasi Indonesia yang bermartabat.

4. Mengawal dan mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung secara umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta menjunjung tinggi rasa persaudaraan, nilai-nilai moral, kondusif dan damai.

5. Memperkuat gerakan nilai-nilai moderasi beragama, serta membangun masyarakat yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong.

6. Menyuarakan isu-isu strategis Daerah, Nasional dan Internasional serta berperan aktif dalam membangun masyarakat, bangsa, dan negara menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua KPU Kabupaten Lampung Tengah Irawan Indra Jaya mengapresiasi deklarasi yang diinisiasi Pemuda Katolik itu.

Dirinya berharap dengan deklarasi tersebut, terwujud Pemilu 2024 yang damai di Provinsi Lampung, Khususnya Lampung Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This