Thursday, July 18, 2024

Pemuda Katolik Komcab Maybrat Gelar Kursus Kepemimpinan Dasar

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Mabrat – Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Maybrat menggelar kegiatan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) yang berlangsung di Aula Stasi Pastoran Santo Paulus Kumurkek, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Jumat (19/1/2024).

Kegiatan KKD ini berlangsung selama dua hari dan diikuti sekitar 50 orang anggota Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Maybrat.

Tema dalam kegiatan KKD ini adalah “Peran Pemuda Katolik Maybrat Masa Kini From Zero to Hero.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Pj Bupati Maybrat yang diwakili oleh Kepala Dinas Statistik Kabupaten Maybrat, Manfred Mate meminta Pemuda Katolik di Maybrat harus menjadi role model. Artinya menjadi panutan, pemimpin yang teladan.

“Berperan penting dalam menentukan kebijakan dan perubahan yang dimulai dari organisasi Pemuda Katolik,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Minggu (21/1/2024).

Manfred mengatakan, Pemuda Katolik dalam kiprahnya mempunyai pengaruh yang besar terhadap Gereja dan kemajuan Bangsa Indonesia.

“Kita berharap Pemuda Katolik menjadi kontrol dan juga ikut mendorong kebijakan pembangunan dengan tujuan yang baik di Maybrat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Maybrat, Reynaldo Yeboh Kocu menjelaskan bahwa KKD ini merupakan kurikulum wajib pembinaan dan kaderisasi bagi kader Pemuda Katolik, khususnya di Kabupaten Maybrat.

Menurut Yeboh, tujuan dari kegiatan KKD ini adalah membentuk dan menyiapkan kader Pemuda Katolik yang memiliki kemampuan dasar untuk bersaing diera teknologi dan informasi saat ini.

“Tujuan lainnya juga adalah membekali para kader Pemuda Katolik di Kabupaten Maybrat dengan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas sebagai pemimpin masa depan Gereja dan Bangsa,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Yeboh, KKD ini menjadi sarana dalam sebuah proses yang kelak melahirkan generasi Pemuda Katolik Kabupaten Maybrat yang bisa diandalkan dan mampu berdaya saing diberbagai sektor kehidupan.

“Dengan KKD ini dapat menyiapkan kualitas setiap kader Pemuda Katolik Kabupaten Maybrat yang mempuni kedepannya,” katanya.

Selain itu, Ketua Panitia KKD Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Maybrat, Yoseph Momao mengatakan, sebagai organisasi kepemudaan, Pemuda Katolik menempatkan pengkaderan menjadi salah satu prioritas utama.

Sebab, organisasi Pemuda Katolik adalah organisasi kader yang berkiprah bagi Gereja dan Bangsa, terutama ikut berkontribusi bagi pembangunan umat dan masyarakat di Kabupaten Maybrat.

“Melalui KKD ini kader Pemuda Katolik Kabupaten Maybrat diharapkan menjadi pelayan yang siap melayani dengan kasih dan memaknai Yesus sebagai teladan kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Perlu diketahui bahwa materi-materi yang disampaikan dalam KKD Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Maybdat adalah, Kepemimpinan, Kristianitas, Team Work, Perencanaan Strategis dan Action Plan, AD/ART, dan Doktrin Organisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Sulteng Jejaki Kerjasama dengan Perwakilan Bursa Efek Indonesia

Pemudakatolik.or.id, Palu - Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (KOMDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perwakilan Bursa Efek...
spot_img

More Articles Like This