Tuesday, June 18, 2024

Mapenta dan Muskomcab: Pemuda Katolik Kota Dumai Diajak Kuatkan Kualitas Bukan Kuantitas

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Dumai – Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Dumai sukses menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) pada Minggu, (9/6/2024).

Alpistasedo Pelawi, Ketua Panitia Mapenta dan Muskomcab menyampaikan bahwa ada sebelas anggota Pemuda Katolik yang diterima dari 15 peserta yang mendaftar. Dengan demikian, jumlah kader Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai kini telah berjumlah 62 orang.

Jumlah anggota yang sebanyak itu diapresiasi oleh Lorensius Purba, Ketua Pemuda Katolik Komda Riau. Disampaikannya bahwa kader Pemuda Katolik di Komcab Dumai adalah yang paling banyak di antara Komcab lain di Riau.  “Semangat para kader Pemuda Katolik di Kota Dumai ini selalu menginspirasi semangat kader-kader Pemuda Katolik di Komcab lain yang ada di Riau, termasuk menambah semangat para Pengurus di Komda Riau,” ujar Lorens, sapaannya.

Dalam ucapan selamatnya kepada Cassarolly Sinaga, yang terpilih lagi sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai, Lorens juga mengingatkan kepada para Pengurus Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai periode 2021 – 2024 agar tetap menjaga spirit yang sudah ada supaya pada periode 2024 – 2027 nanti Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai terus mampu berkarya demi Gereja dan Tanah Air.

“Tetaplah memberi hati dengan tulus. Apapun yang kalian (Pemuda Katolik Komcab kota Dumai) lakukan, pasti akan kami dukung. Terutama saat Gereja Paroki (St. Fransiskus Xaverius kota Dumai) kita ini sedang pembangunan begini. Kalian (Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai) bikin saja idenya dan beritahu Komda Riau kapan dimulai. Akan kita kerjakan bersama-sama,” sebut Lorens.

Sementara itu, Cassarolly Sinaga selaku ketua terpilih mengingatkan kepada para pengurus demisioner dan kepada para kader Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai bahwa meskipun jumlah kader mereka banyak, yang aktif hanyalah beberapa persen saja. Ditambah lagi dengan banyaknya kader-kader yang masih berkuliah di luar kota. Namun, baginya, jumlah personil hanyalah angka.

“Beberapa kader yang aktif itu sudah cukup. Karena Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai tidak butuh kuantitas tapi yang kita butuhkan adalah kualitas,” demikian ucapnya.

Bapak Antonius Suharsana yang hadir sebagai Pemateri dalam Mapenta sekaligus sebagai Dewan Penasihat Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai mengingatkan juga kepada para anggota dan calon anggota yang ketika itu tengah diberi materi agar Pemuda Katolik Komcab Kota Dumai mengadakan diskusi-diskusi untuk membahas isu-isu yang tengah terjadi.

“Buat perkumpulan antar anggota Pemuda Katolik Komcab kota Dumai untuk membicarakan persoalan-persoalan yang ada. Bila perlu, undang anggota atau tokoh dari kelompok lain agar bertukar pikiran lalu mengambil peran terkait persoalan itu dalam rangka mewujudkan Ajaran Sosial Gereja”, katanya.

Ketua Pemuda Katolik KOMCAB kota Pekanbaru, Martinus Anwar Novianto, yang turut hadir untuk memberi materi Pengenalan Organisasi Kepemudaan menuturkan pula kepada calon anggota yang berjumlah sebelas orang itu bahwa banyak sekali kesempatan yang ia terima semenjak ia bergabung dengan Pemuda Katolik. Misalnya, kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang penting dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara-acara penting maupun kegiatan-kegiatan besar.

“Kesempatan-kesempatan itu bisa juga kalian dapatkan kalau kalian nanti aktif berproses bersama Pemuda Katolik,” pesannya.

Mas Novi, panggilan akrabnya, mengundang pula supaya para kader yang baru diterima itu untuk ikut dalam Kursus Kepemimpinan Dasar nanti yang rencananya akan dilangsungkan oleh Pemuda Katolik KOMCAB kota Pekanbaru pada tanggal 16 Juni mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Komcab Manado Adakan Rakercab Fokus Bahas Program Konkret

Pemudakatolik.or.id, Manado-Ketua Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Manado Ronaldo Walujan memimpin jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pengurus di...
spot_img

More Articles Like This