Saturday, October 1, 2022

Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kembali Bertambah: Maria Terpilih Sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Sigi

Must Read

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sigi menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawara Komisariat Cabang (Muskomcab) Sigi pada Minggu, 5 Juni 2022 di Gereja Katolik Stasi Jono Oge, Kabupaten Sigi.

Ketua Caretaker Pemuda Katolik Komcab Sigi, Benyamin Sunjaya dalam laporannya menuturkan, bahwa pascah dirinya di mandatkan sebagai Caretaker Pengurus Pemuda Katolik Komcab Sigi beberapa bulan lalu, dirinya bersama tim melakukan konsolidasi organisasi secara intens dengan orang muda Katolik di Kabupaten Sigi, kemudian melakukan koordinasi dengan Pastor Paroki dan Ketua Stasi setenpat.

Alhasil, berkat dukungan dari Pastor Paroki Santa Maria Palu yang membawahi umat Katolik se Kabupaten Sigi, Ketua Stasi Jono Oge dan orang muda Katolik di Kabupaten Sigi akhirnya kegiatan Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik Cabang Sigi bisa di selenggarakan hari Minggu, 5 Juni 2022.

Dalam prosesi pembukaan kegiatan, Ketua Stasi Jono Oge, Martinus Mite menyambut baik kehadiran Pemuda Katolik di Kabupaten Sigi. Bahwasannya, sebelum ada komunikasi atau pertemuan dengan pengurus Caretaker Pemuda Katolik Komcab Sigi atau Pengurus Pemuda Katolik KOMDA Sulteng, dirinya mengaku berpikir bagaimana caranya agar orang muda Katolik di Sigi khususnya Stasi Jono Oge bisa berkiprah lebih jauh dalam kehidupan masyarakat.

“Puji Tuhan, Pengurus Pemuda Katolik datang dan menyampaikan bahwa akan membentuk cabang di Kabupaten Sigi. Lalu saya langsung menyambut baik rencana ini, dan akhirnya terlaksana hari ini. Apa yang kita bentuk hari ini harus terus didampingi agar Pemuda Katolik Cabang Sigi terus bertumbuh lebih jauh,”imbuhnya.

Sementara itu, salah satu tokoh umat Katolik Sigi yang dinobatkan sebagai Dewan Pembina Pengurus Caretaker Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sigi, Nikolas Birro Allo dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat bangga ketika Pemuda Katolik sudah terbentuk di Kabupaten Sigi ini.

“Bagaimanapun, kita sangat membutuhkan kehadiran Pemuda dalam kehidupan kemasyarakatan di Kabupaten Sigi ini. Melalui Pemuda Katolik Cabang Sigi nantinya bisa membangun kolaborasi dengan Pemuda lintas agama di Sigi, termasuk membangun relasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Siapapun yang terpilih menjadi Ketua Pemuda Katolik Sigi dalam Muskomcab ini, itulah yang terbaik, dan diharapkan bisa merangkul semua pemuda katolik yang ada di Kabupaten Sigi ini,” ujarnya.

Pastor Paroki Santa Maria, RP. Jefry A. Bogia, MSC dalam sambutannya juga mengapresiasi langkah gerakan pemuda ini. Bagi Pastor Epi, Ormas Pemuda Katolik ini sangat penting dan sangat dibutuhkan, terutama dalam membangun relasi dengan berbagai pihak.

Pastor Epi turut memberikan spirit kepada anggota Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sigi agar jangan takut bergaul dengan siapa saja. Para Pengurus dan Anggota mesti membuka ruang dialog dengan berbagai pihak agar saling mengenal satu dengan yang lain.

“Kendati agenda saya hari ini cukup padat, tapi saya tetap luangkan waktu hadir di tempat ini untuk memastikan bahwa saya mendukung penuh terbentuknya Pemuda Katolik Cabang Sigi,”tegas Pastor Epi sembari mengakhiri sambutannya dengan memberikan berkat kepada semua peserta termasuk Pengurus Pemuda Katolik KOMDA Sulteng yang hadir agar senantiasa di lindungi dan bekati oleh Tuhan dalam menjalan aktifitasnya, terutama pada hari Pentakosta ini.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sulawesi Tengah, Agustinus Salut memberikan apresiasi kepada pengurus Caretaker Pemuda Katolik Komcab Sigi yang telah melaksanakan Mapenta dan Muskomcab hari ini.

Dalam sambutannya, Gusty sapaan akrabnya Ketua Pemuda Katolik KOMDA Sulteng itu mengatakan, kita menyadari bahwa Gereja, Bangsa dan Negara Indonesia harus terus dibangun untuk mewujudkan masyarakat yang adil, sejahtera, aman dan damai sesuai dengan cita cita proklamasi kemerdekaan Indonesia dan selaras dengan Ajaran Gereja.

Maka sebagai warga Gereja dan warga negara lndonesia, generasi muda Katolik Indonesia termasuk generasi Katolik Kabupaten Sigi memiliki tanggung jawab, tugas dan kewajiban untuk makin giat mewujudkan semangat cinta kasih dan pengabdian kepada Tuhan dan sesama manusia dalam bentuk keterlibatan nyata di dalam pembangunan Gereja, Bangsa dan Negara tercinta.

Gusty juga menyinggung soal hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemuda Katolik yang baru saja dilaksanakan di Sulawesi Utara. Bahwasannya, Pemuda Katolik di bawah kepemimpinan bung Stefanus Asat Gusma ini larinya semakin kencang.

“Jadi, kita di Pengurus KOMDA dan Komcab musti bisa menyesuaikan agar kita tidak ketinggalan. Rakernas Pemuda Katolik tahun 2022 ini agendanya paling padat, karena diawali dengan sejumlah Workshop, seperti workshop tentang Pemuda Penggerak Transformasi Digital, tentang BKKBN, tentang Badan Pelindung Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Bisnis, termasuk tentang Pemilu,” kata Dia.

Gusty menuturkan, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan di masa kepengurusan saat ini, terutama soal konsolidasi organisasi. Pasalnya, saat ini beberapa Kabupaten masih berstatus pengurus Caretaker.

Pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar semuanya menjadi definitif. Sehingga Panji Pemuda Katolik tersebar hingga senator bumi Tadulako, Sulawesi Tengah.

“Sekali lagi terimakasih kepada pengurus Caretaker Pemuda Katolik Komcab Sigi yang telah berupaya keras untuk melaksanakan kegiatan ini. Siapapun yang terpilih jadi ketua dalam Muskomcab ini, itulah ketua kita di Kabupaten Sigi,” ujarnya.

Setelah melalui proses dan mekanisme organisasi yang formal, serta melakukan musyawarah untuk mufakat, akhirnya Ina Nogi Maria Tolok, S.Pd terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Sigi periode 2022-2025.

Dengan terpilihnya Maria sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Sigi, maka Maria merupakan ketua Pemuda Katolik definitif pertama di Komisariat Cabang Sigi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Ketua Pemuda Katolik Sigi. Saya tidak bisa kerja sendiri tanpa dukungan dari teman-teman. Untuk itu, mari kita sama-sama membangun dan membesarkan Pemuda Katolik Sigi ini,” kata Maria setelah dirinya terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Sigi.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pernyataan Resmi Pemuda Katolik Komda Jawa Tengah Terkait Kasus Mutilasi di Semarang

Pemudakatolik.or.id, Semarang - Pemuda Katolik Komisiariat Daerah Jawa Tengah mengecam keras tindakan pembunuhan dengan cara mutilasi kepada Paulus Iwan Budi...
spot_img

More Articles Like This