Thursday, May 30, 2024

Gugus Tugas Papua Selenggarakan Pelatihan Microsoft Publisher Bagi Pemuda Papua

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Papua – Departemen Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik bekerja sama dengan Universitas Kristen Satya Wacana menyelenggarakan “Pelatihan Microsoft Publisher Bagi Pemuda Papua” secara daring pada Sabtu, (28/01/2023) Pkl. 08.30-11.00 WIB.

Pada sesi materi pelatihan diisi oleh dua mahasiswa program studi S1 Teknik Informatika, Universitas Kristen Satya Wacana, yaitu Herfandy Maay dan Zefanya Loudewieq Gabriel Lala.

Zefanya Loudewieq Gabriel Lala memberikan pelatihan tentang cara membuat kalender, sertifikat, name tags, posters dengan memanfaatkan templete yang tersedia dalam Microsoft Publisher.

Dalam paparannya mengatakan Microsoft Publisher memiliki berbagai macam template yang bisa dimanfaatkan pemuda Papua untuk mendesain sesuatu. Sekarang sudah banyak aplikasi desain seperti canva, Photoshop, corel draw dan lain-lain tetapi Microsoft Publisher punya kelebihan, yaitu mudah digunakan, memiliki banyak template dan bisa mendesain sesuatu secara offline di komputer maupun secara online dapat tersimpan di storage yang nantinya bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Sedangkan Herfandy Maay melatih peserta cara membuat brosur secara mandiri tanpa menggunakan template yang tersedia. Lebih pada cara kreatif membuat brosur dengan memanfaatkan gambar atau objek yang terdapat di Microsoft Publisher atau diambil dari internet.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Ketua Departemen Gugus Tugas Papua, Melkior N.N Sitokdana, S.Kom., M.Eng. Dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Papua Edukatif yang ditetapkan dalam Rakernas Pemuda Katolik di Manado bulan Mei 2022. Sejak itu, berbagai pelatihan yang bersifat edukatif dilaksanakan setiap bulan dua kali dalam rangka mencerdaskan Pemuda Papua dalam bidang literasi digital dan literasi baca-tulis.

Melkior N.N Sitokdana yang adalah dosen UKSW Salatiga ini mengatakan dalam tahun 2023 ini Gugus Tugas Papua akan melakukan roadshow pelatihan literasi digital bagi Pemuda Papua di beberapa kota di Indonesia. “Pada awal tahun 2023 ini pelatihan literasi digital di Provinsi Papua akan dipusatkan di Universitas Cendrawasih, Provinsi Papua Barat di Unipa Manokwari dan di Jawa Tengah akan dipusatkan di UKSW. Selan itu, akan bekerja sama juga dengan Pengurus Komda di wilayah-wilayah yang mahasiswa Papua banyak untuk menyelenggarakan pelatihan literasi digital dan literasi baca-tulis,” ujarnya.

Untuk itu, Melkior N.N Sitokdana berharap adanya kerja sama atau kolaborasi program dengan pengurus Komda dan Komcap Seluruh Indonesia untuk menyukseskan Gerakan Literasi Digital bagi Pemuda Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Simak Pesan Uskup Agung Palembang untuk Pemuda Katolik Bengkulu

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Pada Minggu, 26 Mei 2024, Pemuda Katolik Bengkulu mendapat kesempatan berharga untuk beraudiensi dengan Uskup Agung...
spot_img

More Articles Like This