Tuesday, June 18, 2024

Buka KKD Pemuda Katolik, Romo Dionysius Adi: Kaderisasi Penting dalam Peningkatan Kualitas Orang Muda

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Depok – Pastor Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Bogor, Romo Dionysius Adi Tejo dalam pembukaan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) wilayah Bogor-Bekasi menyatakan bahwa peningkatan kualitas pemuda sangat diperlukan supaya kader dapat bertumbuh dan berkembang.

“Peningkatan kualitas pemuda sangat diperlukan supaya kader dapat bertumbuh dan berkembang menjadi pemimpin yang berkualitas dan rendah hati” ungkapnya.

Ia mengapresiasi setiap upaya yang bertujuan untuk membekali para kader dengan pengetahuan dan keterampilan orang muda Katolik dalam peningkatan kapasitas sebagai pemimpin masa depan untuk Gereja dan Negara.

Ketua Panitia KKD Wilayah Bekasi-Bogor, Fidelis Laurdyan Julianto memaparkan bahwa “Pelatihan ini dihadiri oleh 31 peserta yang diselenggarakan oleh delapan Komisariat Cabang (Komcab) yaitu Kota Depok sebagai tuan rumah, Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, dan Kab. Cianjur. Diharapkan giat ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi peserta dalam mengembangkan kapasitas pemimpin dalam merawat demokrasi dan nasionalisme.” ungkap Fidel.

Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar, Edi Silaban lebih jauh membahas bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan demi penguatan organisasi. “Kerap kali cabang-cabang kesulitan menjaga kader yang sudah di Mapenta, maka melalui ini Komcab diharapkan mengirim kader terbaiknya untuk di tempa sebagai kader penggerak di kota/kab masing. Maka kedepan KKD dapat dilakukan secara mandiri” ungkap Edi.

Sementara itu, Dewan Pembina Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar), Marcellus Hakeng Jayawibawa menegaskan bawah Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) yang digelar oleh Pemuda Katolik Wilayah Bogor-Bekasi 2023 adalah langkah yang baik dalam pembentukan sebagai pemimpin.

“Ini langkah yang baik dalam pembentukan sebagai pemimpin di Pemuda Katolik dan tokoh yang berguna kelak untuk gereja dan negara” kata Marcellus, (28/07).

Ia mengapresiasi kebesaran organisasi dibawah kepemimpinan Edi Silaban memiliki semangat dan pemikiran baik untuk orang muda Katolik sehingga Komda Jawa Barat bisa berkembang dengan pesat.

KKD dibuka dengan sesi I pembekalan tentang “Peta Demokrasi dan Peran Milenial Menjaga Demokrasi di Jawa Barat” yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo.

Acara hari pertama berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Peserta nampak antusias mengikuti kegiatan. Kursus Kepemimpinan Dasar ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 28- 30 Juli 2023. Dimana 28 Juli 2023 dilaksanakan via daring, sedangkan pada 29 – 30 dilaksanakan tatap muka di Wisma SY, Kota Depok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Komcab Manado Adakan Rakercab Fokus Bahas Program Konkret

Pemudakatolik.or.id, Manado-Ketua Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Manado Ronaldo Walujan memimpin jalannya Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pengurus di...
spot_img

More Articles Like This